Mohon tunggu...
Petrus Kanisius
Petrus Kanisius Mohon Tunggu... Wiraswasta - Belajar Menulis

Belajar menulis, suka membaca dan jalan-jalan ke hutan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

YP dan Kelompok Mina Sehati Buat Kolam Ikan Menggunakan Media Terpal dengan Cara Gotong Royong

4 Juli 2022   11:34 Diperbarui: 4 Juli 2022   11:40 138 10 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kolam ikan Media terpal yang sudah jadi dan diisi dengan ikan nila. (Foto : Samad/YP). 

Ternyata budaya gotong-royong di masyarakat kita masih ada sampai saat ini.  Seperti misalnya, Kelompok Mina Sehati yang baru saja dibentuk di Desa Sejahtera Dusun Tanjung Gunung, Desa Sejahtera, Kabupaten Kayong Utara (KKU) melakukan kegiatan gotong-royong bersama seluruh anggota dan Tim Program Sustainable Livelihood (Program Mata Pencaharian Berkelanjutan) Yayasan Palung (YP) di kediaman Bapak Saparudin selaku ketua kelompok dan pemilik lahan kolam yang akan dibentuk, pada Selasa (7/6/ 2022). 

Saat bergotong-royong membuat kolam ikan. (Foto : Samad/Yayasan Palung).
Saat bergotong-royong membuat kolam ikan. (Foto : Samad/Yayasan Palung).

Kolam ikan yang sudah jadi. (Foto : Asbandi/Yayasan Palung).
Kolam ikan yang sudah jadi. (Foto : Asbandi/Yayasan Palung).

Kegiatan gotong-royong yang itu dimulai pukul 07.00 WIB-11.30 WIB, kemudian istirahat makan siang dan kembali lagi melakukan kegiatan gotong royong hingga pukul 13.00 WIB - pukul 16.30 WIB, pada hari pertama dan kedua.

Salmah, Asisten Field Officer Program SL Yayasan Palung, mengatakan, adapun kegiatan gotong-royong yang dilakukan pada hari pertama antara lain seperti membelah bambu yang akan digunakan untuk melapisi terpal yang akan dijadikan kolam ikan agar terpal tersebut tidak menggelembung dan lebih kokoh apabila telah diisi air. Gotong royong ini berbagi peran, ada yang membelah bambu, ada yang membersihkan lahan untuk letak lokasi kolam dan ada juga yang akan memasang tiang dari bambu untuk pembuatan kolam tersebut.

Selanjutnya, pada hari kedua, Rabu (8/6/2022), kegiatan gotong-royong dilanjutkan kembali dengan menyelesaikan pekerjaan pertama yang belum selesai. Setelah semua bahan bambu yang dibelah telah siap dan tiang juga sudah terpasang, maka dilanjutkan dengan memasang bambu yang dibelah tersebut pada pinggiran tiang untuk penyangga terpal, pemasangan ini sangat memakan waktu sehingga sampai jam istirahat siang belum juga selesai dipasang, dikarenakan jam istirahat telah sampai maka seluruh anggota istirahat makan siang bersama dahulu kemudian dilanjutkan kembali pada pukul 13.00 WIB, kata Salmah.

Salmah juga menuturkan, setelah jam istirahat usai, para anggota kelompok bersama tim dari SL Yayasan Palung melanjutkan pemasangan dinding bambu dan setelah dinding bambu selesai dipasang yang rencana awalnya akan dilakukan pemasangan terpal tetapi dibatalkan karena hujan yang sangat deras hingga sore. Sehingga aktivitas pemasangan terpal dan selang pengaturan volume air dilanjutkan kembali pada hari berikutnya. Setelah semua selesai dipasang maka jadilah tiga buah kolam dengan ukuran 2x4 meter untuk satu kolam dan dua kolam ukuran 4x6 meter .Tiga buah kolam ikan tersebut telah diisi dengan ikan nila.

Seperti diketahui, Kelompok Mina Sehati merupakan kelompok dampingan tim Sustainable Livelihood (Program Mata Pencaharian Berkelanjutan) Yayasan Palung. Kelompok Mina Sehati dibentuk pada Maret 2022, Fokus dari kegiatan kelompok ini adalah budidaya ikan  di wilayah kawasan Taman Nasional Gunung Palung, tepatnya di Desa Sejahtera Dusun Tanjung Gunung.

Petrus Kanisius-Yayasan Palung

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan