Mohon tunggu...
Petrus Kanisius
Petrus Kanisius Mohon Tunggu... Wiraswasta - Belajar Menulis

Belajar menulis, suka membaca dan jalan-jalan ke hutan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Kita dan Konservasi

10 Agustus 2021   16:20 Diperbarui: 11 Agustus 2021   09:17 224 35 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kita dan Konservasi
Kawasan hutan primer yang relatif masih utuh di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Foto: Iwan Setiyawan /Kompas).

Saat ini sebagian besar masyarakat dunia menggaungkan tentang apa yang disebut dengan konservasi. Apa itu konservasi dan mengapa kita perlu melakukan konservasi?

Secara umum konservasi merupakan pelestarian, perlindungan dan pemanfaatan terhadap sumber daya alam yang berkelanjutan serta lestari.

Sebuah pertanyaan mengapa kita perlu melakukan konservasi? Satu jawaban yang pasti karena Sumber Daya Alam (SDA) kita saat ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan dengan tindakan pelestarian, perlindungan dan dengan pemanfaatan secara bijaksana. 

Beberapa alasan mengapa kita perlu melakukan konservasi diantaranya adalah;

Pertama, keadaan lingkungan kita saat ini menjadi penentu. Dengan kata lain apabila kita melakukan konservasi berarti ada harapan keharmonisan kita bersama flora (tumbuhan) dan fauna (hewan) boleh berlanjut hingga nanti. Tentu kita masih ingat keberlanjutan dari nafas hidup tumbuhan dan satwa menjadi sangat penting untuk terus dilakukan. 

Mengingat, beberapa alasan pula semua makhluk, tidak terkecuali manusia saat ini memerlukan tangan-tangan yang peduli jika semua boleh harmoni dan lestari.

Kedua, Hewan yang mendiami hutan memerlukan ruang untuk berkembang biak. Ruang berarti hutan yang masih baik. Semisal, orangutan memerlukan kurang lebih 1 kilometer daya jelajah hariannya. 

Bagaimana jika ruang berupa hutan itu semakin sedikit? Jawabannya sedapat mungkin hutan masih boleh tersisa dan tersedia, dengan demikian orangutan masih bisa berkembang biak dan berlanjut dengan syarat ada asa untuk melakukan reboisasi atau menjaga hutan yang masih ada.

Ketiga, konservasi setidaknya menjadi sebuah harapan bagi kita semua agar tumbuhan dan hewan (satwa) boleh berlanjut hingga nanti. Kita manusia butuh hutan walau sebetulnya hutan tidak butuh kita.

Tetapi sekiranya jika kita butuh hutan maka kita berhak untuk menjaga, merawat, melestarikannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN