Mohon tunggu...
Petrus Kanisius
Petrus Kanisius Mohon Tunggu... Wiraswasta - Belajar Menulis

Belajar menulis dan suka membaca. Saat ini bekerja di Yayasan Palung

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

(Cerpen) Hutan: Bolehkah Aku Terus Tersenyum Untukmu?

8 Juli 2021   15:38 Diperbarui: 12 Juli 2021   15:24 581
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hutan Hujan Kalimantan. (Foto : Andre Ronaldo )

Inginku terus tersenyum kepada siapa saja dengan harmoni dan sampai kapan pun. Itu inginku. Aku tahu, tak sedikit mengingatku karena manfaat dan hadirku membuat nafas tak sedikit makhluk di sekitarku. Namun banyak pula yang lupa atau sengaja lupa akan manfaatku.

Harmoniku yang selalu kurasa hidup bersama dengan ragam satwa. Beberapa dari satwa ada yang selalu setia menyemai, menjaga dan merawatku selain juga beberapa orang yang kini mulai tumbuh kepedulian kepadaku karena derai air mataku yang semakin sering kualami.

Luka menganga tubuhku berbalut derai air mata yang semestinya menanti diobati dengan kasih tanpa pamrih oleh siapa saja kini hingga nanti.

Aku (hutan) mencoba sekuat tenaga untuk menaungi sebagian besar penghuni bumi ini. Aku hanya berpesan jika boleh kiranya, masih adakah asa bagi semua agar aku boleh berlanjut.

Menanam, menjaga dan memilihara sejatinya itu tugas mulia sang pemilihara yang tak lain adalah kita semua yang mendiami bumi ini.

Aku hanya ingin terus tersenyum hingga nanti bahkan selamanya untuk semua nafas kehidupan, karena aku tahu, sebagian besar makhluk hidup di muka bumi ini sangat berharap agar aku juga boleh kiranya bertahan dan bisa lestari, berlanjut hingga nanti.

Ketapang, Kalbar 8 Juli 2021

Petrus Kanisius-Yayasan Palung

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun