Mohon tunggu...
Petrus Kanisius
Petrus Kanisius Mohon Tunggu... Belajar Menulis

Belajar menulis, suka membaca dan jalan-jalan ke hutan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Peresmian Bangunan Baru Stasiun Riset Cabang Panti TANAGUPA sebagai Pusat Konservasi Ekosistem Borneo

18 Desember 2020   13:09 Diperbarui: 18 Desember 2020   13:21 152 11 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peresmian Bangunan Baru Stasiun Riset Cabang Panti TANAGUPA sebagai Pusat Konservasi Ekosistem Borneo
Bupati Kayong Utara, Citra Duani saat meresmikan bangunan baru Stasiun Riset Cabang Panti (SRCP) Taman Nasional Gunung Palung, Sabtu (12/12) kemarin. /Dok Yayasan Palung

Sabtu (12/12/2020) sore, Citra Duani, selaku Bupati Kayong Utara yang didampingi oleh Sapto Aji Prabowo, S.Hut., M.Si selaku Kasubdit Promosi dan Pemasaran Ditjen KSDAE secara resmi, meresmikan bagunan baru Stasiun Riset Cabang Panti  (SRCP) Taman Nasional Gunung Palung (TANAGUPA) Dusun Tanjung Gunung, Desa Sejahtera, Kecamatan Sukadana.

"Saya hari ini (12/12) diamanatkan oleh Pak Dirjen KSDAE untuk meresmikan Stasiun Riset Cabang Panti di Area Taman Nasional Gunung Palung. Ini ini merupakan bangunan baru. pemerintah pusat memberikan perhatian khusus kepada area ini, dimana sudah puluhan tahun lalu dari berbagai negara dari luar negeri dan tentunya dari dalam negeri sering melakukan penelitian di sini (Gunung Palung). Ini juga menjadi monumental. Terimakasih kepada pemerintah pusat, dimana Kabupaten Kayong Utara memiliki area Taman Nasional Gunung Palung yang tidak dimiliki oleh tempat lain menjadi perhatian khusus, dan ini baik adanya. Maka dari itu, kami sangat mengapresiasi sekali dengan adanya pemugaran bangunan dan menjadi bangunan yang baru. Berharap bangunan ini bisa mencapai 20-30 tahun yang akan dating. Bangunan ini terlihat kokoh bekal bagi anak cucu kita," ujar Citra Duani.

Lebih lajut Bupati Kayong Utara mengatakan, Kita membuka ruang bagi semua pihak baik pemerintah, swasta dan NGO biasa bekerjasama supaya flora dan fauna yang ada disini bisa diketahui oleh khalayak bahwa KKU menyimpan misteri kotak pandora (kekayaan biodiversitas) sebagai Pusat Konservasi Ekosistem Borneo

Ini satu persatu kita buka sebagai sarana pendidikan yang apa adanya tidak direkayasa. Buat teman-teman S1-S3 ini tempat yang cocok untuk penelitian dan tentu saja bagi anak-anak kita yang ada di tingkat SD hingga Perguruan tinggi bisa belajar di perpustakaan alam ini. Pemerintah daerah ingin bekerjasama dengan pihak Balai TANAGUPA terkait tentang tumbuhan obat.  

Adapun kompleks bangunan baru yang ada di Stasiun Riset Cabang Panti  antara lain seperti; Camp Besar, Camp Litho, Camp Serba Guna, Camp Nyamuk, 6 unit Camp Peneliti dan bangunan penunjang (menara air, rumah incinerator dan bak air). 

Semua bangunan ini dibangun dengan menggunakan Anggaran Surat Berharga Syariah  Negara (SBSN) tahun Anggaran 2020, dengan dana anggaran 8  milyar,  kata Sapto Aji Prabowo.

Camp yang ada di SRCP : Camp Nyamuk dan Camp Litho (Ruangan untuk penginapan karyawan). (Foto Andre/ Yayasan Palung).
Camp yang ada di SRCP : Camp Nyamuk dan Camp Litho (Ruangan untuk penginapan karyawan). (Foto Andre/ Yayasan Palung).
Selanjutnya juga Bapak Sapto mengatakan, "Terkait tentang pembangunan bangunan baru Stasiun Riset Cabang Panti, bangunan ini adalah bangunan yang paling bagus dari semua yang ada. Didukung oleh perguruan tinggi, tidak hanya bagus fisiknya tetapi juga outputnya berupa potensi penelitian.

Penelitian yang bisa bermanfaat bagi penelitian seperti tumbuhan obat, jenis tumbuhan berkayu yang belum terungkap. Laboratorium alam Cabang Panti bermanfaat bagi Taman Nasional dan pemerintah daerah. 

Kerja konservasi itu adalah kerjasama pemerintah dan masyarakat. Perlu fasilitas untuk mendukung wisata minat khusus. Mendukung itu yang memperoleh manfaat adalah masyarakat sekitar. Roadmap penting ada untuk pengelolaan jangka Panjang yang bermanfaat untuk pengelolaan".

Camp yang ada di SRCP : Camp Besar (di gedung atas untuk ruang kerja), di gedung bawah ruang spesimen, perpustakaan dan laboratorium. Foto dok : YP. 
Camp yang ada di SRCP : Camp Besar (di gedung atas untuk ruang kerja), di gedung bawah ruang spesimen, perpustakaan dan laboratorium. Foto dok : YP. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN