Mohon tunggu...
Petrus Kanisius
Petrus Kanisius Mohon Tunggu... Belajar Menulis

Belajar menulis, suka membaca dan jalan-jalan ke hutan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

YP Berikan Beberapa Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bagi Relawan

23 Oktober 2020   14:03 Diperbarui: 23 Oktober 2020   15:33 88 13 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
YP Berikan Beberapa Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bagi Relawan
Mita Anggraini saat menyampaikan materi Public Speaking kepada anggota RK-TAJAM lintas angkatan. (Foto : Petrus Kanisius/YP).

Relawan Konservasi Taruna Penjaga Alam (RK-TAJAM) binaan Yayasan Palung (YP) berkesempatan mendapatkan materi peningkatan kapasitas tentang public speaking, jurnalistik dan fasilitator game. Kegiatan tersebut dilaksanakan di alam terbuka, Pantai Tanjung Belandang, Sabtu (17/10/2020) kemarin.

Peserta kegiatan ini adalah anggota RK-TAJAM lintas angkatan. Pada kesempatan pertama, materi Public Speaking disampaikan oleh Mita Anggraini (Mahasiswi Hubungan Internasional Universitas Tanjungpura dan Penerima Beasiswa Peduli Orangutan Kalimantan tahun 2017). Mita sapaan akrabnya mengajak adik-adik Relawan Konservasi Tajam untuk membiasakan diri untuk percaya diri saat melakukan presentasi atau pun saat berbicara dan berhadapan dengan orang banyak. Mita juga mengajak teman-teman relawan ketika melakukan public speaking agar selalu menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh khalayak (orang banyak) agar pesan yang disampaikan bisa tersampaikan dengan baik.

Selanjutnya, Mita meminta 10 peserta anggota RK-TAJAM  yang ikut dalam pelatihan tersebut untuk mempraktekkan public speaking satu persatu. Beberapa dari relawan terlihat ada yang sudah biasa tampil di depan orang banyak, beberapa diantaranya masih terlihat canggung dan belum terbiasa.

Pada kesempatan kedua, materi yang diketengahkan adalah tentang jurnalistik. Sebagai pemateri adalah Petrus Kanisius (Staf Program Pendidikan Lingkungan dan Kampanye Kesadaran Konservasi Yayasan Palung). Petrus Kanisius mengajak adik-adik relawan untuk belajar bersama tentang apa itu Jurnalistik, apa yang bisa dilakukan oleh kita untuk menyampaikan informasi yang terjadi di sekitar kita dengan menggunakan rumus 5 W 1 H.  Selain itu juga, mereka diminta untuk menyampaikan informasi terkait lingkungan dan informasi yang ada di sekitar mereka, tentu informasinya harus benar (tidak hoax). Sebagai relawan dibawah binaan Yayasan Palung, RK-TAJAM harus terus mengasah kemampuan menulis terlebih karena mereka sering terlibat dalam kegiatan kampanye lingkungan bersama Yayasan Palung, minimal mereka dapat membuat status tentang persoalan-persoalan lingkungan hidup di media sosial dengan baik.

Saat saya berkesempatan memberikan materi pengenalan jurnalistik kepada anggota RK-TAJAM lintas angkatan (Foto dok : Petrus Kanisius/YP)
Saat saya berkesempatan memberikan materi pengenalan jurnalistik kepada anggota RK-TAJAM lintas angkatan (Foto dok : Petrus Kanisius/YP)

Di materi ketiga, peserta pelatihan diberikan materi tentang fasilitator game. Tujuan dari materi ini adalah sebagai meningkatkan keterampilan dan kreatifitas dalam berkampanye dan pendidikan lingkungan. Materi Fasilitator Game ini disampaikan oleh Mita dan Haning Pertiwi (Staf Pendidikan Lingkungan YP / Pembina RK-TAJAM).

Haning Pertiwi saat menyampaikan materi kepada anggota RK-TAJAM lintas angkatan. (Foto dok : Petrus Kanisius/YP).
Haning Pertiwi saat menyampaikan materi kepada anggota RK-TAJAM lintas angkatan. (Foto dok : Petrus Kanisius/YP).

Menurut Mariamah Achmad, selaku Manager Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung, mengatakan; "peningkatan kapasitas relawan selalu dilakukan sepanjang tahun oleh Yayasan Palung, hal ini untuk memberikan mereka bekal keterampilan dan pengetahuan dalam mereka melakukan kegiatan-kegiatan kampanye publik dan pendidikan lingkungan. Keterampilan pendukung yang dimakud adalah seperti public speaking, jurnalistik dan game, juga pengetahuan tentang konservasi alam dan lingkungan hidup. Dengan demikian kita dapat berharap banyak para relawan yang terdiri dari pemuda-pemudi peduli lingkungan ini akan melaksanakan pembangunan yang lebih ramah terhadap lingkungan hidup di masa mendatang".

Semua rangkaian kegiatan tersebut berjalan sesuai rencana dan mendapat sambutan baik dari relawan yang mengikuti kegiatan tersebut.

Petrus Kanisius-Yayasan Palung

VIDEO PILIHAN