Mohon tunggu...
Subhan Riyadi
Subhan Riyadi Mohon Tunggu... ASN (Aparatur Sipil Negara)

Stop! Rasialisme anti minoritas apa pun harus tak terjadi lagi di Indonesia. Sungguh suatu aib yang memalukan. Dalam lebih setengah abad dan ber-Pancasila, bisa terjadi kebiadaban ini kalau bukan karena hipokrisi pada kekuasaan (Pramoedya Ananta Toer).

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Transportasi Sungai, Alternatif Ampuh Memutus Laka Lantas Darat di Kota Makassar

27 Juli 2019   20:06 Diperbarui: 28 Juli 2019   13:20 38 8 1 Mohon Tunggu...

Transportasi darat di kota Makassar mulai padat, boleh dikatakan kecelakaan intens terjadi di daratan. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk saat ini Pemerintah Kota Makassar mulai melirik Sungai sebagai alternatif ampuh memutus mata rantai kemacetan dan kecelakaan di kota Makassar. Apatah lagi, jalur sungai di Makassar begitu strategis dan alami.

Memang saat ini kota Makassar berbenah membangun jalan ring road dan jalan layang, akan tetapi belum ada jaminan mampu mengurai kemacetan. Tidak ada salahnya melirik sungai sebagai alternatif, seperti di negara Belanda dan Italia.

Sungai telah menjadi salah satu urat nadi bagi kehidupan masyarakat karena menjadi sumber mata pencaharian untuk menambah penghasilan keluarga dengan menjadi nelayan/penangkap ikan secara tradisional. Sungai juga menjadi salah satu jalur alternatif yang dilalui moda transportasi untuk mengangkut barang dan orang hingga saat ini.

Sayangnya moda transportasi sungai ini terlupakan di kota Makassar. Sehingga boleh dikatakan bahwa moda transportasi sungai ini tenggelam menjadi bentuk kemunafikan padatnya lalu lintas darat.

Ada sejumlah keunggulan transportasi sungai ini seperti dapat mengurai kemacetan secara massal  khususnya memutus kemacetan transportasi darat dengan prasarana jalan raya. 

Sebagai transportasi sungai akan efektif diterapkan di kota Makassar, mengingat kota ini boleh diakatakan sebagai kota maritim dari timur. Terbukti beberapa daerah aliran sungai tersedia secara alami di kota ini.

Prasarananya telah disediakan oleh alam (alur sungai dengan kedalaman yang memadai), selain wisata sungai juga tingkat keselamatannya tinggi ketimbang kecelakaan jalur darat.

Tak hanya itu, ada beberapa keunggulan komparatif moda transportasi sungai seperti tingkat polusi yang rendah, terhindar dari kemacetan, pengaturan/manajemen operasional jalan tol serta pengendaliannya relatif lebih mudah dibanding angkutan jalan darat, prospek kedepan cukup baik asal dikelola dengan professional serta, relatif hemat energi, efisien, tanpa takut bertabrakan, meskipun ada tidak seintens Lakalantas di darat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x