Subhan Riyadi
Subhan Riyadi Pegawai Negeri Sipil

Stop! Rasialisme anti minoritas apa pun harus tak terjadi lagi di Indonesia. Sungguh suatu aib yang memalukan. Dalam lebih setengah abad dan ber-Pancasila, bisa terjadi kebiadaban ini kalau bukan karena hipokrisi pada kekuasaan (Pramoedya Ananta Toer).

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Azulgrana Lampiaskan Dendam di Camp Nou Atas Kegagalan di Liga Champions Musim Lalu

13 September 2017   07:25 Diperbarui: 13 September 2017   08:29 1898 7 1
Azulgrana Lampiaskan Dendam di Camp Nou Atas Kegagalan di Liga Champions Musim Lalu
Sumber: bola.com

Azulgrana Lampiaskan Dendam di Camp Nou Atas Kegagalan di Liga Champions Musim Lalu

Aroma dendam tersaji di Camp Nou, Rabu (13/9) dini hari WIB.  Pertandingan sengit semalam merupakan pelampiasan sakit hati Barcelona terhadap seteru abadi La Veccia Signora atau SI Nyonya tua julukan tim asal Italia Juventus. Serangan Messi bertubi-tubi ke gawang Buffon. Hal ini dibutuhkan Barcelona demi memuluskan laga ke dua Liga Champion Eropa 2017-2018 di kandang Juventus.

Sejak awal laga keduanya sama-sama menampilkan permainan terbaiknya di laga ini dengan bekal tren positif. Barcelona lebih banyak memegang penguasaan bola ketimbang Juventus. Tumbangnya Juventus tadi malam pada Rabu, 13 September 2017 tidak dinyana. Klub yang diperkuat duet maut Messi dan Suarez menjadi pemain kunci dibawah asuhan Ernesto Valverde (Messi, Suarez,) begitu leluasa membobol jala gawang Buffon.

Barcelona akhirnya membuka kran goal menit ke-45, beberapa saat sebelum turun minum berkat sepakan mendatar Messi memanfaatkan umpan satu dua dengan Suarez. Keunggulan 1-0 bertahan hingga turun minum.

Juventus merupakan lawan sepadan bagi Bacelona, kehilangan Chiellini membuat pertahanan Juve meninggalkan celah, setidaknya hal ini dimanfaatkan betul oleh Messi dan kawan-kawan menghadang langkah lawan ke babak berikutnya.  Setelah sekian kali pertemuan, untuk pertama kali dalam karirnya Messi membobol gawang Buffon. Selanjutnya pada menit ke-56 tercipta gol ke dua melalui skema umpan silang Messi, umpan silangnya menciptakan kemelut dan bisa dihalau Andrea Barzagli, tapi bola liar justru mengarah ke dalam lapangan permainan, dengan cepat Ivan Rakitic menyambar bola dan nyaman bersarang ke gawang Juventus. Skor berubah 2-0 bagi Barca.

Permainan Juventus semakin kacau setelah tertinggal dua gol, alih-alih bernafsu mengejar skor, justru mereka kembali kecolongan melalui aksi individu Messi pada menit ke-69, tembakan kaki kirinya yang meneruskan umpan Iniesta membuat Buffon gagal fokus. Messi memutus tabu menghadapi Gianluigi Buffon. Buffon menjadi salah satu kiper yang gawangnya belum pernah dijebol oleh Messi. Suarez sempat mencetak gol ke empat, dan membuat publik Camp Nou bersorak kegirangan, tapi gol tersebut dianulir setelah terperangkap jebakan off-side.

Kemenangan ini sudah cukup membuat Si Nyonya tua 'menangis' didepan ribuan supporter yang menyesaki stadion Nou Camp, pasalnya di partai perempat final musim lalu Juventus berhasil membuat Barcelona 'menangis'.

Makassar, 13 September 2017.