Mohon tunggu...
Pipih Selpiyani
Pipih Selpiyani Mohon Tunggu... Berkarya tanpa jeda

Siap melawan kerasnya dunia

Selanjutnya

Tutup

Karir

Membangkitkan UMKM di Tengah Pandemi

21 Januari 2021   15:44 Diperbarui: 21 Januari 2021   20:48 67 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membangkitkan UMKM di Tengah Pandemi
Image caption

Usaha kecil mandiri saat ini sedang marak dilakukan di seluruh Indonesia. Yang dimaksud dengan usaha kecil mandiri (UKM) ini adalah salah satu motor penggerak perekonomian warga masyarakat kelas menengah ke bawah di negara kita, Indonesia.

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) saat ini sudah merupakan tulang punggung bagi perekonomian di Indonesia. Terlebih sekarang perekonomian Indonesia sedang melemah , ada baiknya kita harus bisa terus membuat hal tersebut stabil demi bisa menghidupi diri sendiri membuat pulih perekonomian Indonesia.

Tapi jangan salah , UMKM mengalami perkembangan yang sangat pesat di Indonesia karena kondisi yang memungkinkan untuk bisnis ini menjadi sebuah lahan yang subur untuk digeluti.

Meskipun sudah dikenal hingga ke pelosok – pelosok pedesaan namun tidak sedikit dari antara kita yang mengalami kesulitan dalam memilih jenis usaha yang cukup menjanjikan agar cerah di masa depan.

Alasannya sangat beragam, seperti sulit untuk memulai usaha karena kurangnya modal, tidak ada pengalaman, tidak memiliki pengetahuan bisnis, kurang mengerti cara pemasaran bisnis dan kendala lainnya.

Meskipun ada banyak tantangan namun janganlah menyebabkan kita merasa putus asa dan berhenti berusaha dalam membangun bisnis sendiri , karena masing – masing usaha memang akan selalu memiliki tantangan tersendiri yang harus dilalui dengan lapang dada. Contohnya pandemi ini

Nah bagi saya pribadi karena ingin memulai sebuah usaha sendiri, saya mencoba menggeluti bisnis MUA rias pengantin , berawal dari hobby dan karena saya tahu potensi diri saya pada hal merias terhadap diri saya, dan hal ini juga memang selalu dibutuhkan oleh setiap pasangan yang ingin menikah , entah dari daerah perkotaan hingga ke pelosok desa.

Bisnis make up artist ini erat hubungannya dengan usaha kecil menengah di bidang fashion.

Bisnis fashion (pakaian) adalah salah satu jenis bisnis yang cukup menjanjikan dan memiliki peluang potensial besar untuk ditekuni saat ini karena akan selalu dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang terutama oleh kelompok wanita dari anak – anak hingga lansia gemar dengan dunia fashion.

Alasannya sangat sederhana karena pakaian adalah seperti kebutuhan sekunder bagi mereka , dan zaman sekarang memiliki banyak keinginan untuk model pakaian. Dari untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari – hari hingga ketika menghadiri even – even tertentu seperti ada acara pesta ulang tahun, pesta sukuran atau pesta kawinan.

Bisnis fashion menyimpan banyak kategori yang dapat dimanfaatkan untuk segala situasi sesuai dengan kebutuhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN