Mohon tunggu...
Fathan Winarto
Fathan Winarto Mohon Tunggu... Penulis - History and Theology Story-Teller

Hobi Baca Sejarah, Terbuka Untuk Diskusi Masalah Agama, Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Universitas Al Azhar, Cairo.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

"Mataram Islam Kok Gitu Sih?" #2

27 November 2019   07:00 Diperbarui: 27 November 2019   07:02 536
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah artikel sebelumnya udah sedikit review Film dan bahas secara ringkas gimana Mataram Islam terbentuk, nah sekarang baru nih bakal saya bahas beberapa pertanyaan yang biasanya muncul pas nonton film Sultan Agung. Pertanyaan ini secara umum emang sering dilontarkan sama pelajar muslim kritis yang ngeliat penggambaran gaya hidup orang masa Kesultanan Islam Nusantara. Jadi sebenarnya bukan karena nonton film ini aja. Ya tapi karena kita lagi bahas film Sultan Agung, keterikaitan dalam artikel ini ke film itu. 

Nah, ada 3 pertanyaan yang sekarang bakal saya bahas: 

1. Di film itu orang orang bajunya pada minim banget (kaya film film Kerajaan Thailand gitu wkwk) atau film film naga Indos*ar, pertanyaannya apakah di kerajaan Islam dulu emang bener kaya gitu? Atau itu cuman di film doang?

2. Di film itu sistem kastanya kerasa banget, setiap rakyat ketemu sultan agung bahkan istrinya harus sujud dulu, dan orang biasa juga kalau ketemu ulama harus sujud dulu. Padahal Islam keras bahkan masalah rukuk ke Raja. Ini kok sampe sujud?

3. Terakhir, di film itu  2 ajaran di atas (baju ama sistem kasta) kesannya itu emang ajaran dari Sunan Kalijaga. Apa bener emang Sunan ngajarin yg kaya gitu? Bukannya Islam itu ngehapus sistem kasta, dan masa Sunan gak ngajarin syariat pake baju yg bener?

Pertanyaan yang berat berat sih. Disini saya jawab selain berangkat dari sumber sumber yang saya baca, juga dari sudut pandang saya sebagai Mahasiswa Muslim. Karena bacaan saya masih sedikit, dan status saya masih Mahasiswa, saya mohon maaf kalo bakal ada banyak kesalahan. Jawaban ini saya tulis semampu saya. 

JAWABAN 1

Masalah baju minim sebenarnya Saya belum bisa melacak, soalnya dari sumber yang saya baca, ga ada sama sekali yang nerangin busana perempuan di masa Kerajaan Islam (bahkan Demak) itu kaya gimana.

Tapi titik terangnya gini, dari Kerajaan Demak, Sultan Fattah bikin buku undang undang namanya Angger Angger Surya Alam. Kalo kita baca peraturannya, itu rinci banget, sampe masalah hujat hujatan aja diatur sama negara. Sampe masalah persahabatan juga ada protokol hukumnya.

Nah, kalo Angger Angger Surya Alam aja bahas masalah sekecil dan sepersonal itu, masa masalah busana yang dzohir dan jelas ga diatur juga? Menurut saya pasti busana udah sesuai ajaran Islam di masa Demak, tapi ga ada literatur khusus dan bukti spesifik. Cuma saya pernah denger emang start masa Demak sampe Kartasura, sebenarnya ngetrend hijab tuh, tapi sama Belanda di keep info nya.

Kalo lacak hijab dari aspek diluar hijab, ada banyak aspek berati. Salah satunya Het Boek Van Bonang. Ini semacem kumpulan tulisan yang diduga dibikin sama Sunan Bonang. Sunan Bonang itu anggota majelis Wali Songo yang satu periode sama Sultan Fattah, jadi pasti pendapat dan ajaran Sunan Bonang berpengaruh ke Sultan Fattah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun