Mohon tunggu...
Andi Ikhbal
Andi Ikhbal Mohon Tunggu... -

Hanya pion catur yang berharap menjadi queen.

Selanjutnya

Tutup

Money

Saat Drama Korea Popular, Ki Tack Lim Kunjungi Indonesia Bahas Kemaritiman

21 Februari 2017   15:17 Diperbarui: 21 Februari 2017   15:47 338 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sekjen IMO Ki Tack Lim bersama Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi | dokpri

Film drama Korea memang sedang 'booming' sekarang ini. Kayaknya, hampir semua kaum hawa di Indonesia, tak terkecuali di belahan dunia, mulai dari remaja sampai dewasa, mengagung-agungkan romantika cinta dari negeri gingseng tersebut.

Bicara soal film Korea, hari ini pada Selasa (21/2) Indonesia kehadiran tamu besar asal negara tersebut. Tapi, tujuannya bukan untuk tinjau lokasi menggelar konser K-Pop (Korean Pop) di Jakarta. Bukan juga sekedar survey lokasi ‘shooting’ lho.

Tamu ini bukan sutradara film. Lalu siapa? Dia adalah Ki Tack Lim. Tapi jangan cari namanya di deretan pemain film ngetop Korea ya, sebab, pria ini adalah Sekjen International Maritime Organisation (IMO), sebuah badan khusus di PBB (Persatuan Bangsa-bangsa).

IMO adalah organisasi yang menangani masalah kemaritiman, spesifiknya di bidang keselamatan, keamanan pelayaran dan perlindungan lingkungan laut. Jadi, ini resmi urusan kenegaraan.

Sekjen IMO ini melakukan kunjungan resmi pertama kali ke Indonesia sejak menjabat pada 2015. Kedatangannya ke Indonesia merupakan kunjungan balasan atas kehadiran Presiden RI di London pada April 2016 lalu di Sidang IMO.

Dimana, ketika itu orang nomor satu di Indonesia, Joko Widodo, menjadi pembicara soal Marine Environment Protection Committee (MEPC) ke-70 terkait kebijakan maritim Indonesia.

Ki Tack Lim tiba di Jakarta pada Senin, (20/2) kemarin. Ia rencanannya akan bersama Presiden RI menghadiri Fourth World Ocean Summit yang akan diselenggarakan pada tanggal 23 s.d. 24 Februari 2017 di Nusa Dua Bali. Lalu kemana Sekjen IMO hari ini?

Sebelum ke Pelabuhan Tanjung Priok, Ki Tack Lim bertemu dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta pukul 08.00 pagi tadi. Kalau kata Menhub Budi, kunjungan ini sangat strategis terkait pembangunan transportasi laut.

"Ini kesempatan Indonesia menunjukkan eksistensi dan komitmennya dalam upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim," tambah Budi.

Indonesia, seperti kita ketahui bersama, sejak era Pemerintahan kabinet kerja yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, memiliki terobosan visi kemaritiman yang sangat ideal untuk negara kepulauan seperti Indonesia.

Pak Presiden ingin mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia. Yakni sebuah negara maritim yang maju, mandiri, kuat, serta mampu memberikan kontribusi positif bagi keamanan dan perdamaian kawasan dan dunia sesuai dengan kepentingan nasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan