Mohon tunggu...
ana Mhi
ana Mhi Mohon Tunggu... Freelancer - Menulis itu pilihan, bercerita itu keharusan

Berusaha mencipta aksara penuh makna

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Jangan Dibuang! 5 Limbah Rumah Tangga Berguna Menyuburkan Tanaman

12 September 2022   14:00 Diperbarui: 12 September 2022   14:01 93 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: instagram.com/madinaagri

Limbah atau sampah rumah tangga kerap disia-siakan begitu saja, memang belum banyak yang tahu bahwa beberapa sampah yang berada di dapur berfungsi untuk menyuburkan tanaman.

Kalau bunda-bunda punya tanaman di pekarangan rumah, sebaiknya sampah dapur ini jangan di buang, ya. Pemanfaatannya bahkan bisa untuk skala besar, loh.

1. Kulit pisang

Siapa yang suka makan buah satu ini? Selain bermanfaat untuk manusia kulit pisang juga sangat berguna untuk kesuburan tanaman. Kulit pisang mengandung unsur hara kalium yang tinggi, sehingga sangat cocok dipakai pada tanaman ketika memasuki masa awal pembuahan.

Beberapa penelitian juga menyebutkan, selain kalium kulit pisang mengandung nitrogen, posfor, protein, magnesium, sodium dan sulfur. Kamu bisa mengaplikasikan kulit pisang ini pada tanaman sebagai kompos atau sebagai pupuk organik cair.

2. Sisa buah dan sayuran busuk

Buah dan sayuran yang sudah membusuk mungkin terlihat tidak bermanfaat sehingga kita lebih memilih untuk membuangnya. Buah dan sayuran busuk memang sudah tidak layak lagi jika dikonsumsi oleh manusia, tetapi justru sangat bermanfaat untuk kesuburan tanaman dengan melalui proses fermentasi.

Buah dan sayuran busuk mengandung Nitrogen, Posfor, Kalium, Kalsium, Zat Besi, Vitamin, Natrium, Magnesium dan masih banyak lagi. Kandungam unsur hara ini sangat dibutuhkan oleh tanaman dalam proses pertumbuhan, terutama ketika mulai berbunga atau berbuah.

3. Batang, pelepah atau bonggol pisang

Meskipun belum banyak yang tahu, batang pisang bisa diolah menjadi keripik sedangkan bonggolnya dibuat stick nugget. Lalu apa manfaat batang, pelepah dan bonggol pisang untuk tanaman? Di dunia pertanian, sudah banyak yang menggunakan bahan ini sebagai pupuk cair penyubur tanaman. Hasilnya terbukti baik dan meningkatkan hasil produksi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan