Mohon tunggu...
Pintan Lestari
Pintan Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Membaca adalah jendela dunia

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Manfaat Penting Jika Sedari Kecil Anak Sudah Biasa Membaca Buku

15 Mei 2021   16:00 Diperbarui: 15 Mei 2021   16:11 315 4 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Manfaat Penting Jika Sedari Kecil Anak Sudah Biasa Membaca Buku
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Membaca adalah jendela dunia, maksudnya adalah orang yang suka membaca pasti memiliki wawasan yang lebih luas daripada mereka yang tidak suka membaca. Orang yang gemar membaca buku biasanya sudah di biasakan oleh orang tuanya sedari kecil, sehingga lama kelamaan akan menjadi hoby si anak sampai dengan dewasa. Membaca bagi sebagian orang adalah kegiatan yang membosankan, tetapi sebenarnya banyak manfaat yang kita dapat dari membaca apalagi jika dibiasakan sedari kecil. Nah, apa saja sih manfaat baca buku untuk anak ? 

1. Meningkatkan kemampuan otak dan mental anak

Dilansir dari children Healthcare of Atlanta, menurut American Academy of Pediatric dalam penelitiannya tahun 2014, ada banyak manfaat  baca buku untuk anak. Membaca memberikan pengaruh positif pada otak anak yang sedang berkembang. Bahkan, pengaruhnya juga bisa didapatkan sejak bayi saat mereka masih belum bisa membaca, tapi dibacakan cerita oleh orangtuanya. Apalagi di jaman sekarang ini sudah banyak penerbit yang mencetak buku untuk anak mulai dari usia 0 tahun.

Buku yang terdiri dari angka, rangkaian kata, dan gambar mampu mengembangkan ketrampilan anak dalam berfikir. ini mempengaruhi bagaimana cara mereka berbicara, memecahkan masalah, menulis, bahkan memperoleh pengalaman.

Selain itu, studi yang dilakukan oleh Emory University di Atlanta menunjukan bahwa buku-buku fiksi merangsang anak untuk mengenali emosinya sendiri serta orang-orang di sekitarnya. Bahkan anak-anak  yang menyukai buku-buku fiksi cenderung memiliki imajinasi yang tinggi dan ide-ide kreatif. Sementara anak-anak yang sering membaca buku nonfiksi, bisa membangun citra diri yang kuat, percaya diri, dan berwawasan tinggi.

2. Meningkatkan ikatan antara anak dan orangtua

Membaca adalah salah satu waktu yang tepat untuk meningkatkan ikatan di antara orangtua dan anak, pada waktu ini orangtua bisa membangun cemistry yang baik dengan anak, anak akan merasa lebih di perhatikan dan di sayang oleh orang tuanya.

Bukan sekedar membangun ikatan, membaca juga jadi cara orangtua untuk mengajari anak berbagai pengetahuan, informasi, dan aspek-aspek kehidupan yang ada di dalam buku yang dibaca.

3. Mendukung masa depan

Anak-anak yang sudah terbiasa membaca buku sejak kecil biasanya lebih terarah dengan keinginan dan cita-citanya di masa depan. Mereka juga terpacu untuk mengetahui lebih dalam mengenai hal-hal yang mereka suka.

Ketika usia mereka menginjak remaja, mereka bisa dengan fokus menggeluti, mencari tahu, bahkan mempraktikan hal-hal apa saja yang mereka bisa lakukan sesuai cita-cita dari buku. Selain itu, membaca jug memberi mereka pemahaman tentang tanggung jawab dan risiko dari suatu perbutan atau perilaku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan