Mohon tunggu...
PINKY OCTAVIAPUTRI
PINKY OCTAVIAPUTRI Mohon Tunggu... Mahasiwi FKIP UHAMKA

Mahasiswi FKIP UHAMKA Pinky Octavia Putri Facebook : NkyyQueen Instagram : xxnikkyyyyy

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Meningkatkan Belajar dalam Masa Pandemi

26 Januari 2021   20:00 Diperbarui: 26 Januari 2021   20:01 290 1 0 Mohon Tunggu...

Saat ini Virus Covid 29 masih menjadi pembicaraan yang hangat dikalangan kita semua. Semua manusia di bumi manapun, Virus ini masih mendominasi ruang publik. Dalam waktu singkat saja, Virus Covid19 menjadi trending (viral). Covid19 adalah penyakit yang menular ini disebabkan oleh jenid coronavirus yang baru ditemukan. Meskipun banyak menyerang pada manusia lansia. Virus ini sebenarnya bisa juga menyerang siapa saja, Mulai dari bayi,anak anak hingga orang dewasa. Virus vorona ini bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistematis pernapasan, infeksi paru paru, hingga kematian.

Virus ini ditemukan dikota Wuhan,China pada akhir desember 2019. Virus ini sangat menular cepat dan sudah menyebar ke semua negara,termasuk Indonesia negara kita sendiri. Hal tersebut membuat beberapa negara untuk menetapkan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. Di indonesia sendiri pun, diberlakukan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Maka semua kegiatan yang dilakukan di luar rumah pun harus dihentikan sampai pandemi ini berakhir.

Setelah munculnya wabah Covid-19 ini sistem pendidikan pun mulai mencari solusi agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan baik. Pemerintah memutuskan untuk meliburkan siswa dan menerapkan metode belajar dengan sistem Daring atau Online.

Hal ini sesuai dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19)

MENINGKATKAN BELAJAR DI MASA PANDEMI 

Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar adalah sebuah pendorong yang membuat kita tertarik pada belajar sehingga akan terus menerus belajar.

Yang pertama adalah dengan cara Metode Hibur, Metode ini bisa membantu meningkatkan rasa suka,senang dan minat yang lebih pada siswa yang sedang mengikuti pembelajaran. Sebagai contoh misalnya siswa diminta menonton animasi pembelajaran,membaca atau menikmati tayangan drama dan sebagainya untuk mendapatkan informasi pembelajaran sesuai dengan materi yang dipelajari. Guru pun tidak stress dengan persiapan tugas dan siswa pun tidak bosan dan jenuh karena metode ini sangat menyenangkan dan menghibur.  

Yang kedua adalah melalui aplikasi kreatif, Sebagai contoh aplikasi TIKTOK yang saat ini lebih banyak disukai oleh kalangan generasi muda. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk belajar yang lebih kreatif serta menyenangkan bagi siswa. Bukan kah melalui zoom meeting,Google meet dan sejenisnya membuat bosan dan jenuh? Cobalah beralih melalui aplikasi yang digemari kalangan muda contohnya TIKTOK.

Yang ketiga adalah Meningkatkan kualitas guru, Guru adalah salah satu kunci dalam keberhasilan belajar dan mengajar. Oleh karena itu sebagai guru harus sadar diri terus meluakukan peningkatan kualitasnya karna hal ini sangat penting demi terwujudnya motivasi belajar siswa yang tinggi.

Yang keempat adalah Memaksimalkan fasilitas pembelajaran, Guru harus bisa memaksimalkan fasilitas pembelajaran dengan cara menggunakan sarana dan prasarana penunjang belajar yang baik agar bisa memotivasi siswa.

Semoga Virus ini bisa berakhir secepatnya agar kita bisa beraktifitas seperti biasa dan melakukan pembelajaran offline lagi:)))

Stay safe yaa...:):) 

UHAMKA KELAS 1A TUGAS TIK MENINGKATKAN BELAJAR DALAM MASA PANDEMI 

VIDEO PILIHAN