Mohon tunggu...
Pinkhan Maharani
Pinkhan Maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Topik konten terkini

Selanjutnya

Tutup

Music

Lagu "Dreamers" oleh Jungkook BTS

27 November 2022   19:00 Diperbarui: 27 November 2022   19:14 539
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Pada tahun 2022 ini akan diselenggarakan Piala Dunia FIFA. Piala Dunia adalah salah satu kompetisi olahraga yang paling banyak disaksikan di dunia, bahkan melampaui Olimpiade. Kejuaraan ini telah diselenggarakan setiap empat tahun sekali sejak turnamen 1930, kecuali pada tahun 1942 dan 1946, yang tidak diselenggarakan karena Perang Dunia II. 

Pada penyelenggaraan Piala Dunia ke-22 kali ini diselenggarakan di Al Bayt Stadium, Qatar. Opening ceremony Piala Dunia di Qatar digelar pada Minggu (20/11/2022) di Al Bayt Stadium waktu setempat. Acara pembukaan ini dihadiri oleh beberapa artis internasional, sebelum kick off pertandingan pembuka antara Ekuador dan Qatar.

Qatar selaku tuan rumah penyelenggara Piala Dunia kali ini tidak melupakan kenangan masa lalu, seperti lagu dan maskot yang menjadi ikon pada edisi-edisi sebelumnya. Lagu Piala Dunia 2010 Afrika Selatan yang berjudul "Waka Waka" menjadi salah satu simbol kenangan FIFA World Cup yang ditampilkan oleh tuan rumah Qatar. Tidak hanya melalui lagu saja, Qatar juga menampilkan sejumlah maskot.

Maskot bernama Willie (Inggris 1996), Juantino (Meksiko 1970), Tip & Tap (Jerman 1974), hingga Zakumi (Afrika Selatan 2010), kembali muncul dalam opening ceremony Piala Dunia 2022. Maskot Piala Dunia 2022 Qatar yang bernama La'eeb juga ditampilkan pada upacara pembukaan tersebut.

Setelah itu, personel termuda boygroup Korea Selatan BTS, Jungkook, tampil sambil menyanyikan salah satu lagu resmi Piala Dunia 2022 yang berjudul Dreamers. Jungkook menyanyikan lagu tersebut bersama penyanyi lokal, Fahad Al Kubaisi.

Jeon Jungkook atau dikenal dengan nama Jungkook merupakan personel termuda dari grup idola K-pop BTS. Jungkook adalah seorang penyanyi dan penari asal Korea Selatan. Ia merupakan seorang anggota dari grup vokal pria BTS.

Dilansir dari harian terbit.com, penampilan Jungkook dalam opening ceremony Piala Dunia merupakan ide dari FIFA. FIFA menghubungi kantor pusat HYBE AS, dan BigHit Music (label BTS), tanpa melalui Hyundai Motor. FIFA tidak memberikan alasan spesifik memilih Jungkook BTS. Namun, dianalisa bahwa FIFA mengundang Jungkook BTS untuk menekankan slogan pada Piala Dunia ini. Slogan Multikultural, keberagaman dan perdamaian. BTS dan fandom mereka, ARMY, yang telah berbicara tentang topik-topik yang sama. Topik-topik seperti multikulturalisme, menghormati keberagaman dan toleransi.

Sebelum lagu dirilis, banyak netizen yang menyayangkan dan menganggap bahwa Jungkook kurang pantas untuk tampil dalam acara pembukaan Piala Dunia. Lagu "Dreamers" dirilis tepat pada hari pembukaan piala dunia 2022, hanya saja waktu perilisannya berjarak beberapa jam sebelum opening ceremony digelar. Tidak hanya menyanyikan lagu dreamers saja, tetapi Jungkook sendiri ikut turun tangan dalam penulisan lagunya, seperti yang disertakan dalam MV dreamers di YouTube.

Dikutip dari tirto.id, lagu dreamers bahkan menduduki posisi 10 besar teratas di iTunes Amerika Serikat bahkan sebelum acara opening ceremony dimulai. Hanya butuh kurang dari dua jam untuk membuat lagu ini dikenal di seluruh penjuru dunia. Hingga Minggu (20/11) sore, "Dreamers" bertengger di tangga teratas iTunes berbagai negara--lebih dari 80 negara berhasil dikuasai. Berkat single tersebut, Jungkook berhasil memecahkan rekor dunia. Ia menjadi solois Asia pertama yang memiliki lagu dengan konsumsi terbanyak di platform streaming iTunes lintas dunia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun