BaBe
BaBe Mohon Tunggu... Supir - Saya masih belajar dengan cara membaca dan menulis.

Banyak hal menggelitik di dunia ini yang pantas dikupas!

Humaniora Pilihan

Tak Semahal Omongan si Pembual

9 Januari 2019   08:12 Diperbarui: 9 Januari 2019   08:29 101
Patung Jesus yang menjulang tinggi merupakan salah satu obyek unggulan wisata di Pulau Mansinam. (foto: koleksi pribadi)

Papua, daerah yang sering dikatakan mahal biaya hidupnya. Itulah opini yang masih terbentuk dan membekas di otak saya sebelum mengunjunginya.

Desember 2018, beberapa hari sebelum Natal, saya berkesempatan mengunjungi Papua untuk pertama kalinya. Setelah penerbangan menuju Ujung Pandang selama beberapa jam, dan menunggu transit selama 3 jam dalam dinginnya malam, akhirnya pesawat menuju Manokwari terbang menyambut fajar di antara gelapnya malam yang memudar.

Pukul 08.15 pagi pesawat menyentuh landasan Bandara Rendani sesuai jadwal. Sebuah bandara kecil dengan dengan gedung berlantai dua. Sebuah cerita tentang mengunjungi Papua saya mulai pagi itu. Kaki kiri terlebih dahulu menginjak aspal bandara saat cahaya matahari mulai menerpa selepas rintik hujan yang mendinginkan suasana.

Bang Aldi, sopir berdarah blasteran Ambon dan Manado yang sudah bikin janji sebelumnya ternyata sudah menunggu di sana dengan senyumnya. Ah.... sebuah keramahan yang mulai kudapat disana, lebih ramah dari senyum pramugari yang menghantarku turun dari pesawat sebelumnya.

Setelah perjalanan sekitar 20 menit, saya tiba di salah satu hotel di Manokwari, ibukota Papua Barat. Perjalanan ke Manokwari kali ini adalah sebuah keinginan untuk membuktikan bahwa di Manokwari saya bisa membuktikan sendiri berapa harga-harga di sana tidak jauh beda dengan di Jawa.

Selepas dari hotel saya minta sopir untuk mengantarkan ke salah satu pantai dengan kapal-kapal kecil di sana. Tujuan saya siang itu adalah Pulau Mansinam, sebuah pulau kecil yang terletak 20 menit perjalanan dengan perahu.

Pulau di mana gereja kristen pertama kali didirikan sebagai tanda agama mulai menyentuh pulau Papua. Kapal motor yang saya naiki dengan penumpang sekitar 15 orang tersebut ternyata cukup dibayar 5 ribu. Ongkos yang sangat murah untuk jarak sejauh itu. Jauh lebih murah dari argo taksi di kota-kota kecil.

Sesampai di Pulau Mansinam, saya jalan kaki ke sebuah gereja tua dengan sumur air tawar yang sangat jernih dan sejuk airnya. Terdapat prasasti di samping sumur, yang menunjukkan tahun pembuatan gereja tersebut. Tertulis 1872 sebagai penandanya.

Dari gereja tua tersebut ada jalan menanjak sejauh 500 meteran yang mengantarkan saya ke sebuah gereja besar yang dibangun oleh Pemerintahan Joko Widodo di 2015 lalu. Gereja yang sangat besar dan luas, yang saya lihat jarang digunakan kecuali untuk acara besar.

Prasasti di samping sumur tua sebagai penanda kapan dibangunnya lokasi tersebut. (foto: koleksi pribadi)
Setelah beberapa kali mengambil gambar kembali saya jalan kaki naik sejauh satu kilometer, dengan suara alam ditengah-tengah pepohonan yang tinggi dan panasnya sengatan matahari, sampai juga saya di patung Jesus yang menjulang cukup tinggi.

Posisi matahari pukul 11 pagi itu hampir tegak lurus membentuk bayangan di lantai yang aku pijak. Setelah beberapa foto dan video saya ambil, saya langsung pakai untuk update di media sosial, dan juga saya kirim foto untuk keluarga di Jawa. Bersyukur di lokasi tersebut sinyal masih mampu menghantarkan koneksi yang cepat, sehingga setiap update bisa langsung mendapatkan respon dari teman-teman.