Mohon tunggu...
Pingki WahyuSeptianing
Pingki WahyuSeptianing Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan Kimia UNS

@pingkiseptian

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sosialisasi "Keluarga Tanggap Kesehatan" dalam Rangka Pencegahan Covid-19 di Dusun Pokoh, Karanganyar

7 Juli 2020   07:57 Diperbarui: 7 Juli 2020   09:46 29 2 0 Mohon Tunggu...

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Pada 30 April 2020, UNS secara virtual melalui streaming YouTube memberikan pembekalan kepada mahasiswa-mahasiswinya yang akan mengikuti KKN di Era COVID-19 selama 45 hari. Berhubung saat ini adalah masa pandemi COVID-19, maka KKN akan dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswi UNS di desa mereka masing-masing. 

Salah satu mahasiswi UNS yang ikut dalam KKN COVID-19 ini adalah Pingki Wahyu Septianing dari Pendidikan Kimia FKIP UNS. Bersama dosen pembimbing lapangannya Dr.sc.agr. Adi Ratriyanto, S.Pt., M.P., Pingki menyusun program-program kerja yang akan dilakukan dalam kegiatan KKN tersebut.  

Di masa pandemi seperti saat ini banyak peraturan-peraturan yang harus diperhatikan dalam menjalankan kegiatan KKN, antara lain harus mematuhi protokol kesehatan dan tidak boleh mengumpulkan massa.  Oleh karena itu dalam program kerja KKN COVID-19 di Pokoh, RT 01/RW 07, Ngijo, Tasikmadu, Karanganyar, Pingki lebih banyak mencantumkan kegiatan-kegiatan yang dapat dilaksanakan secara online.

Kegiatan berbasis online yang paling menarik adalah program sosialisasi online dengan ibu-ibu RT 01/RW 07. Sosialisasi online tersebut dilakukan sebanyak 7 kali dengan jadwal sebagai berikut.

  • 2 Juni 2020, dengan materi: virus corona, new normal, beberapa indikator PHBS dalam rumah tangga, tips berhenti merokok, bahaya yang terkandung dalam rokok
  • 4 Juni 2020, dengan materi: kebiasaan makan buah dan sayur setiap hari dan manfaat sayur-sayuran
  • 7 Juni 2020, dengan materi: serba serbi CTPS, hand sanitizer, dan masker
  • 12 Juni 2020, dengan materi: Tips berbelanja aman, manfaat tanaman hias
  • 14 Juni 2020 (pagi), dengan materi: manfaat tanaman buah naga
  • 14 Juni 2020 (sore), dengan materi: Hoax or Fact seputar COVID-19
  • 15 Juni 2020, diskusi tentang daun binahong, manfaat temulawak, dan cara pembuatan jamu temulawak.

Yang membuat menarik dalam sosialisasi online ini adalah antusias dari ibu-ibu yang begitu tinggi. Hal ini ditandai dengan banyaknya respon yang muncul saat sosialisasi berlangsung, sehingga dapat terjadi sosialisasi online yang interaktif. Selain itu, banyak juga pertanyaan yang muncul saat sesi tanya jawab dalam sosialisasi online tersebut.

Hasil dari kegiatan ini adalah ibu-ibu warga Pokoh, RT 01/RW 07 menjadi lebih paham mengenai cara pencegahan dan penanggulangan COVID-19 serta lebih paham tentang PHBS dalam rumah tangga, manfaat berbagai jenis sayuran, manfaat berbagai tanaman hias, manfaat temulawak, dan cara pembuatan jamu temulawak instan.

VIDEO PILIHAN