Mohon tunggu...
Pinda wahyunita
Pinda wahyunita Mohon Tunggu... IAIN Palangkaraya

Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kekayaan Alam di Indonesia

22 Juni 2021   11:07 Diperbarui: 22 Juni 2021   11:47 20 2 0 Mohon Tunggu...

Mengapa saya bangga di Indonesia?

Siapa yang tidak bangga tinggal di Indonesia negeri tercinta kita. Di Indonesia banyak sekali memiliki kelebihan yang bisa kita banggakan seperti, kepulauan yang terbesar di dunia, dan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Indonesia memiliki banyak keindahan alam yang membuat warga luar ingin berkunjung di Indonesia seperti Bali dan jogja dan masih banyak lagi. 

Indonesia Negara yang begitu kaya, kaya akan budaya, suku, dan bahasa. Indonesia memiliki begitu banyak sumber daya alam (SDA). Walaupun pemanfaatan SDA masih kurang yang membuat Indonesia belum menjadi sebuah negara yang maju. Sehingga angka pengangguran masih banyak di Indonesia, dan tingkat kemiskinan masih sangat memprihatinkan. 

Kenapa kita harus tetap bersyukur walaupun perekonomian Indonesian masih jauh dengan negara lain? 

Indonesia ini terkenal dengan kekayaan alamnya sehingga sesusah apapun, kita masih bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar kita. Sehingga sedikit kemungkinan kita untuk lapar, asalkan kita tidak malas untuk mencarinya. Memang masih banyak dibeberapa daerah yang sulit mencari makan, tetapi di beberapa daerah lainnya sangat mudah sekali untuk mencari makan walaupun kita kekurangan uang. Misalkan sayuran seperti sayur paku, daun ubi tumbuk, rebung dll. dan kita bisa juga mencari ikan di sungai untuk lauknya. Untuk daerah Kalimantan masih mudah sekali untuk mencari hal tersebut, yang sulit memang ada di beberapa daerah dan juga harus di perhatikan oleh Pemerintah. 

Ini alasan kenapa saya bangga di Indonesia karena kekayaan alamnya yang sangat banyak dan sangat bermanfaat. Di Indonesia jika di bandingkan dengan warga luar misalnya India sangat beruntung bagi kita yang berada di Indonesia karena disana tidak hanya banyak yang miskin, tapi dalam mencari makan pun sulit. Maka bersyukurlah kalian yang dilahirkan dan dibesarkan di Indonesia. 

Indonesia dikenal dengan ciri khas batiknya yang unik dan menarik ini juga menarik perhatian warga luar, dengan motifnya yang Indah. Begitu juga dengan pariwisatanya, di Indonesia sangat banyak sekali sehingga banyak para wisatawan berkunjung untuk melihat indahnya alam Indonesia. Wisata yang ada di Indonesia ini juga membantu mendorong perekonomian Indonesia.

Sumber daya alam yang kita miliki tentunya akan sangat berpengaruh dalam kemajuan ekonomi kita. Misalnya sumber daya alam yang ada di bumi seperti barang tambang, minyak bumi, gas alam dan lain-lain. Dimana sumber daya alam tersebut dapat diolah menjadi bahan baku atau material yang pastinya banyak orang mebutuhkannya dan bernilai jual tinggi, hal ini merupakan salah satu pengaruh sumber daya alam dalam bidang ekonomi. Kita juga harus yang namanya mencintai produk dan memakai produk buatan Indonesia karena ini juga dapat membantu mendorong meningkatkan perekonomian Indonesia. Jika kita bangga telah menggunakan barang buatan dalam negeri maknanya kita telah melestarikan bangsa Kita sendiri dan kamu telah mencintai bangsa kita sendiri. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x