Mohon tunggu...
Pinasty
Pinasty Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi (21107030022) Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Menjadi Diri Sendiri

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kenali, Apa itu "Social Media Detox"?

6 Juni 2022   14:04 Diperbarui: 12 Juni 2022   13:17 283 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi sosial media detoks (Sumber: shutterstock)

Apakah kalian pernah melakukan social media detox? 

Di sini pasti di antara kalian sudah pernah melakukan social media detox tanpa kalian sadari. Karena tanpa kalian sadari mungkin kalian telah melakukannya namun tidak mengerti apa sih maksudnya?

Nah pernah juga nggak sih kalian ngerasa jika kalian itu sangat sering membuang waktu hanya untuk mengakses sosial media yang sekarang ini melambung pesat banyak digunakan masyarakat, bahkan jika mereka termasuk kita tanpa media hidup akan terasa hampa, seperti ada yang kurang. Sebenarnya apa sih yang sedang kalian rasakan, apakah cemas, lesu, letih, lelah atau bahkan ada yang lain? 

Nah sangat dianjurkan buat kalian mengingat dan mengintrospeksi diri, gimana rasanya dan bagaimana kalian dalam menggunakan sosial media ini dalam kehidupan kalian sehari-hari.

Apakah Anda sudah pernah mendengar kata social media detox ? Apakah kata tersebut terasa asing dipikirkan Anda atau sama sekali belum pernah mendengar kata itu?

Nah, jadi social media detox ini merupakan cara seseorang dalam membatasi penggunaan sosial media dengan mengingat waktu atau dengan jangka waktu tertentu, sehingga hal ini sangat berpengaruh untuk menjaga akan kesehatan mental. Selain itu untuk menghindari akan gangguan kejiwaan atau psikis karena terlalu sering menggunakan dan mengakses media sosial. 

Contoh dalam kehidupan sehari-hari yakni misalnya ketika Anda merasa pusing dan stres ketika sedang menonton konten dalam media sosial, namun di sisi lain Anda sangat sulit untuk menghentikan aktivitas Anda tersebut. 

Nah fenomena tersebut sudah menjadi tanda bahwasanya Anda sangat perlu melakukan upaya social media detox. 

Lalu bagaimana penjelasan lengkapnya? Yuk simak secara lengkapnya mengenai social media detox disini.

Sumber: Pexels
Sumber: Pexels

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan