Mohon tunggu...
Zefanya Pilar Tiarso
Zefanya Pilar Tiarso Mohon Tunggu... Lainnya - .

Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mengetahui Peran Audiens dalam Jurnalisme Masa Kini dan Masa Depan

11 Oktober 2021   01:30 Diperbarui: 11 Oktober 2021   01:45 100 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Peran Audiens dalam Jurnalisme. Sumber Gambar: Crowdynews.com

Audiens memegang peranan penting dalam perkembangan jurnalisme di masa kini maupun di masa depan.

Jurnalisme, khususnya jurnalisme multimedia kian berkembang di era digital saat ini, perkembangan jurnalisme ini membuat semakin banyak jurnalis maupun media yang melakukan berbagai inovasi dari mulai cara menyebarkan informasi sampai berinteraksi dengan audiens.

Dengan perkembangan yang semakin pesat, maka setiap media harus lebih sigap dalam menyiapkan hal-hal apa saja yang akan terjadi pada jurnalisme di masa depan.

Maka dari itu, mengetahui karakteristik jurnalisme masa kini, kemudian membandingkannya dengan jurnalisme masa depan akan sangat membantu bagi media maupun jurnalis untuk menyesuaikan diri.

Jurnalisme Masa Kini

Sosial Media Berperan Penting dalam Jurnalisme Masa Kini. Sumber Gambar: Webarq.com
Sosial Media Berperan Penting dalam Jurnalisme Masa Kini. Sumber Gambar: Webarq.com

Jurnalisme masa kini sudah jauh berkembang daripada jurnalisme masa lalu yang hanya satu arah saja. Dahulu karena informasi hanya bisa didapat melalui media cetak seperti koran ataupun media elektronik seperti radio maka audiens tidak dapat ikut berpartisipasi dalam proses jurnalisme-nya.

Namun,  saat ini proses jurnalisme berjalan lebih flexible, seperti misalnya yaitu audiens bisa menanggapi informasi yang mereka dapat secara langsung sehingga terdapat feedback dari informasi yang diberikan oleh jurnalis.

Perkembangan teknologi membuat semakin banyak platform yang dapat digunakan oleh media-media menyebarkan informasinya, dari mulai website sampai media sosial seperti Twitter ataupun Instagram.

Dengan terjadinya proses jurnalisme yang lebih flexible dan perkembangan teknologi yang memberikan lebih banyak platform maka tercipta istilah 'Prosumer' dalam jurnalisme masa kini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan