Mohon tunggu...
Pieter Lie
Pieter Lie Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Karir

Mindset Pengusaha

28 September 2018   12:51 Diperbarui: 3 Oktober 2018   17:25 0 0 0 Mohon Tunggu...

Banyak sekali orang yang ingin tahu apa perbedaan mencolok dari orang kaya dan orang sukses.  Orang seringkali membandingkan dirinya dengan orang sukses. Apa yang membedakan orang sederhana dengan orang sukses? salah satunya adalah MINDSET.

Mindset merupakan hal yang sangat penting untuk kita ketaui. Mindset merupakan cara pandang atau pola pikir seseorang. Jika kita mempunyai mindset yang baik, bisa dipastikan kita akan mendapatkan hidup yang jauh lebih baik. Dalam masalah finansial, Mindset seorang pengusaha dan orang miskin jelas berbeda. Ini yang akan membentuk mereka untuk menjadi gagal atau sukses. Mindset pengusaha merupakan salah satu mindset yang harus kita miliki jika kita ingin bebas secara finansial.

Ketika kita kecil, pola pemikiran sangat mudah dibentuk oleh orangtua kita. Apa yang diajarkan orangtua kepada kita akan sangat berdampak kepada mindset kita di masa depan. Pemikiran-pemikiran orangtua mulai dari masalah percintaan,karir dan keluarga akan mempengaruhi kita. 

Permasalahan dari kebanyakan orangtua adalah pola pikir mereka tidak selalu benar dan pemikirannya selalu mempengaruhi anak-anaknya. Masalah finansial contohnya, banyak orang tua yang salah mengajarkan anaknya tentang uang. 

Seperti beranggapan bahwa cara untuk mendapatkan kerjaan yang stabil adalah melamar pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Padahal demi mencapai kesuksesan dibutuhkan mindset pengusaha dan BUKAN mencari pekerjaan.

Pengusaha dan karyawan memiliki mindset yang berbeda. 

Pengusaha memikirkan bukan sekedar mendapatkan uang tetapi bagaimana cara mereka membantu masyarakat dengan cara menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya. Seorang pengusaha tidak berfikir sempit, Mereka berfikir bagaimana cara mereka membangun masyarakat. Dengan menjadi pengusaha,seseorang bisa mengekspresikan dirinya lebih luas. Seorang pengusaha yang baik bukan hanya memiliki mindset mendapatkan uang semata-mata namun juga memikirkan bagaimana cara mengembangkan masyarakat.

Sedangkan mindset karyawan sangat berbeda. Karyawan hanya berfikir bagaimana cara mereka bertahan hidup. Karyawan juga tidak memiliki visi yang besar untuk kedepan. Seorang karyawan tidak memikirkan bagaimana cara berinovasi dan memajukan masyarakat. Bukan berarti menjadi karyawan itu salah tetapi untuk menjadi orang sukses secara finansial, kita harus menghapus mindset karyawan dari pemikiran kita.

Intinya adalah untruk mencapai keberhasilan kita harus berfikir besar. Semoga artikel singkat ini bermanfaat :D