Mohon tunggu...
Pical Gadi
Pical Gadi Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Lebih sering mengisi kanal fiksi | People Empowerment Activist | Phlegmatis-Damai| twitter: @picalg | picalg.blogspot.com | planet-fiksi.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

Ini Dia Penyebab Lagu Lathi Melanglang Buana

25 Juni 2020   20:26 Diperbarui: 26 Juni 2020   15:32 3447 68 21 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Dia Penyebab Lagu Lathi Melanglang Buana
gambar dari tangkap layar video klip Lathi di channel Weird Genius.

Sebelum lagu Lathi booming, karya-karya Weird Genius sudah punya tempat di hati para penggemar EDM (Electronic Dance Music) tanah air. Grup musik beranggotakan para DJ yang terbentuk sejak tahun 2016 ini menghasilkan karya-karya yang identik dengan musik hard dan upbeat.

Musik kreasi mereka selalu laris manis di-streaming pendengar pada platform musik digital. Mereka juga kerap terlibat dalam festival musik baik di tingkat nasional maupun internasional, seperti seperti Viral Fest Asia Festival Bangkok 2017, Soundrenaline Bali 2018, Local Act for Yellow Claw's Indonesian Tour 2018, Sky Garden Bali 2018, Local Act for The Chainsmokers Live in Concert Jakarta 2018, SHVR Jakarta 2018 & 2019, dan sebagainya (wikipedia.com).

Saat ini Weird Genius digawangi oleh Reza Oktovian, Eka Gustiwana dan Gerald Liu.

Pertimbangan yang kuat memilih Sara Fajira sebagai vokalis lagu Lathi seperti dituturkan Eka Gustiwana, adalah kefasihannya berbahasa Inggris dan berbahasa Jawa. Sara Fajira sendiri "ditemukan" saat Eka melakukan tour keliling Jawa. Saat itu mereka memang sedang mencari sosok yang tepat untuk menggarap lagu Lathi.

"Akhirnya keputusan jatuh kepada Sara karena dia dari kecil sudah berbahasa Jawa, di rumah juga biasa bahasa Jawa dan kami minta dia nulis lirik bahasa Jawa-nya," tutur Eka sebagaimana dikutip portal kompas.com.

Lagu Lathi sendiri pertama kali tayang di platfom musik digital pada tanggal 28 Februari 2020 dan video klipnya tayang perdana di channel Youtube Weird Genius pada 26 Maret 2020. Dalam waktu dua bulan lebih, lagu Lathi sudah dinonton lebih dari 64 juta kali. Ini pencapaian yang luar biasa.

Akhirnya seperti impian banyak musisi, lagu Lathi saat ini tengah digandrungi oleh banyak orang, dan sukses melanglang buana. Lagunya di-cover oleh banyak penyanyi. Youtuber Belanda, Emma Heesters, dan penyanyi asal Inggris Davina Michelle, adalah beberapa penyanyi di antaranya.

Video reaction-nya pun sudah dibuat oleh Youtuber dari berbagai belahan dunia, Jerman, Korea, Amerika, Malaysia dan banyak lagi.

Saya sendiri awalnya mengenal lagu ini setelah melihat video instagram blogger beauty, Jharna Bhagwani yang menggunakannya sebagai latar musik videonya (sepertinya dari sinilah asal muasal berkembangnya tagar #lathichallenge di media sosial).

Lagu latar ini membuat saya terkejut. Awalnya saya mengira Jharna Bhagwani menggunakan lagu barat, karena si penyanyi begitu fasih menyanyikan lirik bahasa Inggrinya. Tapi begitu sampai pada lirik Jawa dan langgam khasnya saya pun terperangah, dan seketika itu juga langsung mengulik lagu ini lebih jauh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x