Mohon tunggu...
Pical Gadi
Pical Gadi Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Lebih sering mengisi kanal fiksi | People Empowerment Activist | Phlegmatis-Damai| twitter: @picalg | picalg.blogspot.com | planet-fiksi.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Artikel Utama

Era Perang Drone dan Ancamannya untuk Kemanusiaan

18 September 2019   21:05 Diperbarui: 19 September 2019   10:26 0 34 13 Mohon Tunggu...
Era Perang Drone dan Ancamannya untuk Kemanusiaan
ilustrasi gambar drone dari Getty Images via www.economist.com

Saat ini kita sudah sampai pada era di mana komputer akan semakin banyak berperan dalam berbagai aspek kehidupan kita termasuk dalam sistem pertahanan dan keamanan.

Hari Sabtu lalu (14/9) dunia dikejutkan oleh serangan drone ke fasilitas minyak Saudi Aramco di Arab Saudi. Serangan tersebut membuat Arab Saudi harus memangkas produksi minyaknya yang ikut berimbas kepada meningkatnya harga minyak dunia. 

Presiden Trump pun sudah menerbitkan izin untuk menggunakan cadangan minyak strategis mereka guna menunjang stabilitas stok minyak dunia.

Tapi saya tidak akan membahas "minyak" lebih jauh, karena kita ketahui bersama minyak bukan sekedar isu komoditas dan ekonomi tapi juga terkait dengan isu politik global.

Kita akan menyelisik lebih jauh mengenai keterlibatan drone dalam serangan ini. Ya, drone. Pesawat nirawak yang saat ini teknologinya terus dikembangkan negara-negara maju.

Memang, dengan desain dan teknologi yang tepat, drone bisa menjadi senjata yang sangat efektif untuk digunakan dalam peperangan. Dengan sistem autopilot dalam mengejar dan menyerang target misalnya, drone dapat meminimalkan peran manusia yang memiliki kemungkinan besar melakukan kesalahan. 

Selain itu, drone-drone yang sudah dilengkapi dengan sistem Artificial Intelligence (AI) yang mutakhir dapat mengenali targetnya (baik objek fisik maupun personal/individu) secara presisi sehingga dalam melakukan eksekusi penyerangan benar-benar tepat sasaran. 

Ini dapat meminimalkan kerusakan seperti yang ditimbulkan oleh penggunaan senjata fisik konvensional.

Masih ingat film "Spiderman: Far From Home" yang rilis belum lama ini? Walaupun genre film-nya science fiction, di film tersebut kita sudah bisa melihat dan membayangkan kiprah drone dalam perang di masa yang akan datang. 

Dalam film tersebut, ada adegan Peter Parker yang tanpa sengaja memanggil drone sehingga nyaris mengeksekusi mati salah satu teman sekolahnya yang usil. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x