Mohon tunggu...
Pical Gadi
Pical Gadi Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Lebih sering mengisi kanal fiksi | People Empowerment Activist | Phlegmatis-Damai| twitter: @picalg | picalg.blogspot.com | planet-fiksi.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Melamar Kerja? Jangan Matikan HP Anda

23 Juli 2017   12:48 Diperbarui: 23 Juli 2017   16:33 0 10 6 Mohon Tunggu...
Melamar Kerja? Jangan Matikan HP Anda
Ilustrasi. 123RF

Beberapa waktu lalu di kantor kami diadakan rekrutmen calon karyawan baru melalui wawancara dan psikotest. Selama ini kami menggunakan jasa psikotest dari pihak ketiga, namun berhubung untuk rekrutmen kali ini yang dibutuhkan lebih banyak staf lapangan dengan ijazah SMU dan sederajat, psikotest kali ini ditangani langsung oleh manajemen.

Pada saat proses rekrutmen, seringkali terjadi kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukan pelamar kerja yang berakibat fatal bagi nasib lamaran kerjanya. Padahal kesalahan-kesalahan ini tidak semestinya terjadi. Misalnya nomor HP yang selalu tidak aktif saat dihubungi atau pakaian yang kurang pantas saat wawancara. Padahal panduan agar tampil prima saat seleksi karyawan dengan mudah kita temukan di dunia maya atau dengan bertanya langsung pada orang yang lebih paham.

Melalui tulisan ini saya akan membagikan beberapa kiat sederhana mempersiapkan diri menghadapi rekrutmen karyawan baru, yang merupakan hasil perbincangan saya dengan teman-teman yang menangani rekrutmen calon karyawan. 

Nomor HP

Saat memasukkan aplikasi lamaran baik secara langsung maupun lewat surel, pastikan nomor HP tertera dengan jelas. Setelah itu, jangan sering mengabaikan HP atau menonaktifkan HP terutama pada saat jam kerja, karena sewaktu-waktu bisa terjadi panggilan dari bagian personalia atau SDM perusahaan tempat memasukkan lamaran. 

Biasanya bagian personalia memiliki standar prosedur frekuensi menghubungi pelamar yang memasukkan aplikasi. Jika pelamar kerja tidak kunjung memberikan respon, maka yang bersangkutan akan dilewati. Jika demikian yang terjadi, gugurlah kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut.

Menjaga Penampilan

Saat mendapat panggilan dan mengharuskan anda bertatap muka dengan pewawancara atau pada saat testberlangsung, jagalah penampilan anda. Gunakan pakaian yang rapi dan pantas. Standar kerapian setiap kantor atau perusahaan bisa saja berbeda-beda, tapi pada umumnya yang dianggap sopan adalah menggunakan kemeja bukan kaos, celana atau rok kain (bukan jeans) dan gunakanlah sepatu. Potongan rambut juga harus rapi. Penampilan rapi dan pantas adalah salah satu kesan pertama dari pelamar kerja. Jangan sampai penilaian awal jatuh hanya karena mengabaikan penampilan.

Persiapan Menjelang Tes

Sejumlah perusahaan mengadakan serangkaian tes (psikotest dan wawancara) untuk calon karyawannya. Tes ini membutuhkan stamina dan konsentrasi yang baik. Oleh karena itu jagalah stamina menjelang waktu tes tiba. Hindari makanan yang bisa mengakibatkan tubuh terganggu, misalnya terlalu pedas atau terlalu asam. 

Jangan sampai konsentrasi anda terganggu hanya karena imbas makanan tadi. Istirahat secukupnya menjelang tes karena konsentrasi sangat dibutuhkan. Kemudian perhatikan pula persiapan-persiapan alat tulis yang dibutuhkan. Jangan sampai hal-hal kecil tersebut menggangu kelancaran rencana anda mendapatkan pekerjaan terbaik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2