Mohon tunggu...
PHP2D HIMAGRI
PHP2D HIMAGRI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kelompok PHP2D HIMAGRI Universitas Muhammadiyah Jember

Himpunan Mahasisawa Agribisnis Universitas Muhammadiyah Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Dukung Program Urban Farming, Tim PHP2D Himagri UM Jember Bangun Green House dan Budidaya Sistem Vertikultur Hidroponik

27 Oktober 2021   23:28 Diperbarui: 28 Oktober 2021   05:52 133 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Green House Amerta Hydro Farm/Dokpri

Pada hari Kamis, 21 Oktober 2021. Tim PHP2D Himagri Universitas Muhammadiyah Jember melaksanakan program pemberdayaan kelompok PKK melalui Pembuatan Green House dan instalasi vertikultur hidroponik untuk kebutuhan budidaya tanaman sayuran dengan sistem vertikultur hidroponik di Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. 

Minimnya lahan untuk bercocok tanam menjadi kendala besar bagi masyarakat perkotaan yang memiliki hobi berkebun atau ingin mendapat keuntungan ekonomi dari bercocok tanam. 

Salah satu teknik yang bisa diterapkan adalah metode tanam dengan sistem vertikultur hidroponik. Sistem vertikultur hidroponik merupakan sistem bercocok tanam secara hidroponik dan dilakukan secara vertikal. Tanaman yang dibudidayakan disusun dalam model bertingkat dari bawah ke atas. 

Tujuan utamanya yaitu mendayagunakan lahan yang luasnya sangat terbatas atau sempit secara lebih optimal. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman belakang rumah Ibu Murni selaku Ketua kelompok PKK. 

Pembangunan green house ini bertujuan untuk melindungi tanaman sayuran dari hama dan masalah lain seperti tanaman layu akibat terpapar sinar matahari langsung secara berlebihan.

Potret Bersama Kelompok PKK/Dokpri
Potret Bersama Kelompok PKK/Dokpri

Tim PHP2D Himagri Universitas Muhammadiyah Jember menjadi wakil kampus yang lolos pendanaan program PHP2D Kemendikbud tahun 2021, dengan hal ini tim PHP2D himagri membangun green house dan instalasi vertikultur hidroponik mengunakan dana dari kemendikbud. 

Selain membangun green house dan membuat instalasi, tim PHP2D himagri juga memberikan edukasi mengenai cara budidaya hingga panen pada kelompok PKK. 

Untuk proses pemasarannya sendiri, tim PHP2D Himagri menggandeng petani hidroponik di Kelurahan kebonagung dengan melakukan MOU atau kerjasama agar nantinya dapat mengembangkan usaha hidroponik petani tersebut serta mempermudah  kelompok PKK dalam memasarkan sayuran hasil hidroponiknya. 

Green house ini memiliki nama Amerta Hydrofarm yang artinya Pertanian Hidroponik Abadi, dengan nama tersebut diharapkan green house ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar secara berkelanjutan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan