Mohon tunggu...
Philif Calvary
Philif Calvary Mohon Tunggu... Freelancer - ?

Love to write

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Benarkah Nabi Musa yang Menuliskan Narasi Penciptaan?

27 November 2019   20:44 Diperbarui: 24 Juni 2021   15:17 3435 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Benarkah Nabi Musa yang Menuliskan Narasi Penciptaan?
Mengetahui Benarkah Nabi Musa yang Menuliskan Narasi Penciptaan (unsplash/alex-block)

Orang Kristen mengakui bahwa narasi penciptaan dalam Kejadian 1 ditulis oleh Musa meskipun tidak disebutkan dalam kitab Kejadian sendiri. Akan tetapi, dunia diciptakan jauh sebelum Musa ada.  

Bahkan segala sesuatu telah diciptakan Allah sebelum Adam diciptakan oleh Allah.  Tidak ada manusia yang melihat sendiri ketika Allah menciptakan dunia.  

Sebenarnya siapa dan bagaimana narasi penciptaan dalam Kejadian 1 dituliskan?  Dalam artikel ini penulis akan memaparkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa benar Musa yang menuliskan narasi penciptaan dalam Kejadian 1 dengan cara membandingkan kitab Kejadian dengan kitab Pentateukh lainnya serta perkataan Yesus dalam Perjanjian Baru.  

Penulis melalui metode historis juga akan melihat bagaimana Musa bisa menuliskan narasi penciptaan bukan berdasarkan pemikirannya sendiri.  

Baca juga : Mengenal kaum Esseni dan hubungannya dengan Perjanjian Baru

Musa menuliskan narasi penciptaan berdasarkan tradisi oral yang diwariskan dari nenek moyang bangsa Israel dan tidak lepas dari karya pengiluminasian Roh Kudus.

Untuk dapat melihat bahwa memang Musa yang menuliskan kitab Kejadian, terlebih dahulu harus mempercayai bahwa Musa yang menuliskan keempat kitab Pentateukh lainnya.  

Setelah itu dapat dilihat bahwa ada dua bukti utama yang menunjukkan bahwa Musa yang menuliskan narasi penciptaan dalam Kejadian 1.  

Pertama, keempat kitab Pentateukh (Keluaran-Ulangan) berkaitan erat dengan kitab Kejadian.  Narasi yang dicatat memiliki kesinambungan yang berkelanjutan antara kitab yang satu dengan kitab yang lain.  

Contohnya seperti permusuhan antara Yakub dan Esau yang dicatat dalam Kejadian berlanjut sampai permusuhan bangsa Israel dengan bangsa Edom yang dicatat di dalam Keluaran.

Bukti yang kedua adalah kesaksian dari Yesus sendiri dalam Perjanjian Baru bahwa seluruh kitab Taurat ditulis oleh Musa, termasuk narasi penciptaan dalam Kejadian 1.  Dalam Yohanes 7:19a Yesus berkata, "Bukankah Musa yang telah memberikan hukum Taurat kepadamu?" 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan