Mohon tunggu...
Phebe Illenia Suryadinata
Phebe Illenia Suryadinata Mohon Tunggu... Psikolog

Dreamers can't be tamed (Paulo Coelho). Seorang psikolog klinis yang berpraktek di Surabaya.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

8 Cara Kelola Emosi Negatif untuk Mencegah Makan Berlebih

20 Januari 2020   10:11 Diperbarui: 6 Juni 2020   22:42 22 0 0 Mohon Tunggu...

Seringkali ketika kita merasa bosan, jenuh, tidak nyaman, marah, atau stress, apa yang kita lakukan? Makan! 

Banyak orang makan dengan berbagai alasan walaupun mereka tidak lapar, salah satunya dipengaruhi oleh emosi. Memang makan adalah suatu hal kompleks yang bisa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.

Bagi sebagian orang, perasaan menentukan apa, kapan, dan sebanyak apa makanan yang dikonsumsi. Sebagai contoh, kita makan untuk menekan rasa tidak nyaman sehingga untuk sementara kita bisa terbebas dari perasaan itu. Karena makanan hanya memberi solusi sementara, maka kita bisa mengulang proses tersebut sehingga makan bisa menjadi kebiasaan untuk mengatasi perasaan tidak nyaman.

Beberapa orang juga menggunakan makanan sebagai imbalan. Bila kita mengalami hari yang buruk, kita "menghadiahi" diri kita sendiri dengan makanan. Biasanya hal ini terjadi pada orang yang memiliki sedikit waktu untuk memanjakan diri sehingga makan menjadi "waktu memanjakan diri" secara cepat.

Selain sebagian orang yang melakukan aktivitas makan untuk mengatasi perasaan negatif dan untuk memanjakan diri mereka, sebagian orang makan justru karena memiliki terlalu banyak waktu dan untuk mengusir kebosanannya. 

Makan saat belajar, mengerjakan tugas, atau saat menunggu sudah menjadi hal yang umum dilakukan, bahkan mungkin oleh kita sendiri. Walaupun tidak merasa lapar, terkadang kita mencari makanan yang bisa dimakan. 

Bila pola perilaku makan ini dilakukan terus menerus, hal ini dapat menyebabkan pola hidup yang tidak sehat dan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Seperti yang kita lihat (atau mungkin kita alami sendiri), makan dapat menghilangkan perasaan yang tidak menyenangkan atau mengusir kebosanan. Coba kita perhatikan situasi diri sendiri. Apakah kita makan saat merasa lelah, bosan, marah, stress atau cemas? Bila ya, akan lebih baik bila kita tidak menekan perasaan negatif kita dengan makanan. Cobalah proses dan hadapi emosi tidak nyaman yang kita rasakan. Kita bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

Buatlah catatan tentang perasaan anda.

Anda bisa menuangkan perasaan anda dalam bentuk tulisan. Jangan menekan perasaan anda dengan makan.

Berbagi dan utarakan perasaan anda pada seseorang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x