Mohon tunggu...
Guru PGRI
Guru PGRI Mohon Tunggu... Tutwurihandayani

Perkenalkan saya Budiman, salam kenal...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Revisi 2020/2021

30 Juni 2020   19:29 Diperbarui: 7 Juli 2020   16:52 5924 0 0 Mohon Tunggu...

Melanjutkan diskusi sebelumnya, sekarang kita akan membahas RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Revisi 2020/2021 sebagai bentuk motivasi dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran Kurikulum 2013. Barang tentu sudah menjadi kewajiban bagi para Guru sebagai tenaga pengajar memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, sebab RPP ini digunakan sebagai lesson plan ketika Guru melaksanakan pengajaran di sekolah.

Semua tahapan dan materi pelajaran sesuai Kompetensi Dasar (KD) sudah tercantum pada RPP tersebut, didukung buku pedoman Guru maka pelaksanaan Pembelajaran pun dapat terlaksana sesuai prosedur.

Lihat beberapa tulisan sebelumnya:

Mengingat hal tersebut, saya sebagai salah satu Guru di Sekolah Dasar (SD) memiliki ide untuk berdiskusi dengan semua rekan Guru yang ada di kompasiana. Menyediakan sebuah ruang supaya kita bisa memusyawarahkan apa dan bagaimana sebaiknya kita menyusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di tahun pelajaran baru saat ini.

Baiklah saya mulai saja,...

Perubahan Format RPP K13

Seperti yang telah kita ketahui dari Surat Edaran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 14 Tahun 2019, bahwa kini format untuk RPP sudah berubah menjadi satu lembar saja. Ketentuan tersebut memberikan dampak positif yang cukup signifikan, namun disamping itu Guru pun jadi memiliki beban kerja baru sebab harus membuat ulang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan format yang dianjurkan sesuai perubahan.

Unduh : RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1

Meskipun saya sadari bahwa anda sebagai Guru tentunya sudah mengethaui bagaimana cara membuat RPP, tetapi tidak semua tenaga pengajar dapat melakukannya terlebih lagi sekarang formatnya sudah berbeda.

Hal tersebut memang ada benarnya juga, namun kita ambil sisi positif dan keuntungannya saja. Sesuai arahan Kemdikbud Nadiem Makarim, sekarang format RPP cukup dibuat dalam satu lembar saja, dengan demikian waktu penyusunan menjadi lebih efisien.

Di sisi lain, hal tersebut dimaksudkan supaya anda sebagai Guru dapat menggunakan waktu siswa untuk beristirahat dan melakukan evaluasi terhadap pembelajaran. Mencari, menemukan dan menjadikan pembelajaran lebih efektif lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x