Alex Palit
Alex Palit

Membaca Bambu Mengungkap Makna

Selanjutnya

Tutup

Politik

"Satrio Kinunjoro Murwo Kuncoro" Dari Bung Karno Kini Ahok

15 November 2017   00:19 Diperbarui: 15 November 2017   00:34 634 3 3
"Satrio Kinunjoro Murwo Kuncoro" Dari Bung Karno Kini Ahok
Bung Karno - Ahok (Foto dok Tribunnews)

Untuk tidak dibilang peramal atau dukun politik. Dalam tulisan ini saya sengaja memilih gunakan rujukan ramalan pujangga Ranggawarsita tentang apa dan siapa "Satrio Kinunjoro Murwo Kuncoro".  

Sesuai judul tulisan "Satrio Kinunjoro Murwo Kuncoro Dari Bung Karno Kini Ahok", dalam tulisan ini saya hanya ingin menguji kebenaran sebuah ramalan; benarkah Ahok itu satrio kinunjoro murwo kuncoro sebagaimana merujuk pada ramalan Ranggawarsita.

Dalam ramalan Ranggawarsita, satrio kinunjuro murwo kuncoro merupakan perlambangan dari sosok ksatria yang mana dalam perjuangannya pernah merasakan mencicipi kehidupan dalam penjara sebelum kemudian namanya semakin menjulang sebagai kesatria atau pemimpin.

Walau dalam hidupnya pernah dijebloskan ke penjara (satrio kinunjoro), namun namanya tetap terkenal dan harum mewangi (murwo kuncoro).

Seperti halnya perjalanan hidup Bung Karno yang dalam perjuangan politiknya "Indonesia Menggugat" pernah pula dijebloskan ke penjara Sukamiskin (Bandung). Begitu jadi Presiden RI pertama, Bung Karno cukup disegani oleh pemimpin-pemimpin dunia. Namanya sangat dikenal hampir di seluruh negeri di belahan dunia.

Jadi yang dimaksud satrio kinunjoro murwo kuncoro di sini adalah sosok ksatria atau pemimpin yang sebelumnya menjadi pemimpin di negerinya terlebih dahulu mengenyam kehidupan dijebloskan dalam penjara yaitu sebagai satrio kinunjoro murwo kuncoro.

Adakah hal ini juga bisa disematkan di Ahok sebagai sosok satrio kinunjoro yang kini dipingit di penjara? Sebagaimana Bung Karno, kini Ahok pun mengalami hal serupa sebagai satrio kinunjoro.

Dilambangkan sebagai satrio kinunjoro bahwa yang bersangkutan adalah seorang berwatakan sosok kesatria yang dalam perjalanan perjuangannya termasuk menjalani penggemblengan dipingit di penjara.

Ia dipingit di penjara, dalam artian yang bersangkutan bukan bersembunti melainkan sengaja disembunyikan oleh "sang waktu". Hingga akhirnya "sang waktu' mengizinkan ia keluar dari pingitannya sebagai sosok satrio kinunjoro murwo kuncoro sebagaimana ramalan Ranggawarsita tentang Satrio Piningit.

Sekali lagi, untuk tidak dibilang peramal politik, tulisan ini hanya sekedar guyonan politik sekaligus untuk menguji kebenaran sebuah ramalan prihal apa dan siapa satrio kinunjoro murwo kuncoro sebagaimana merujuk ramalan Ranggawarsita tentang Satrio Piningit.

Kita simak saja kebenarannya, benar tidaknya ramalan ini seiring perjalanan waktu. Biarlah waktu yang akan bicara dan menjawabnya. Semoga!


Alex Palit, citizen jurnalis pengamat politik, kolektor bambu unik dan pendiri Komunitas Pecinta Bambu Unik Nusantara (KPBUN), penulis buku "God Bless and You: Rock Humanisme" diterbitkan Elex Media Komputindo (2017)