Mohon tunggu...
petra carmelita
petra carmelita Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Tips Berkomunikasi saat Bepergian ke Luar Negeri

21 November 2020   19:46 Diperbarui: 21 November 2020   19:49 51 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Berkomunikasi saat Bepergian ke Luar Negeri
aanddtour.com

Halo apa kabar? tidak terasa sudah kurang lebih delapan bulan kita beraktivitas dari rumah, seperti bekerja dan bersekolah. Banyak orang merasa jenuh dan sudah tidak sabar untuk pergi jalan-jalan ketika nanti keadaan sudah membaik, terutama ke luar negeri. 

Disini saya akan memberikan beberapa tips yang bisa kalian lakukan ketika bepergian ke luar negeri, terutama negara-negara yang bahasa utamanya bukan Bahasa Inggris. 

Tangkapan Layar. (Dok. pribadi)
Tangkapan Layar. (Dok. pribadi)

1. Google translate

Siapa yang tidak tahu google translate? layanan penerjemah bahasa ini sangat populer dan mudah sekali untuk digunakan. Hanya dengan memilih bahasa apa yang ingin kita terjemahkan, kemudian masukkan kata atau kalimat yang ingin kita ketahui artinya, mudah sekali bukan! 

Google translate juga memiliki fitur perekam suara dan gambar, jadi kita tidak perlu repot-repot mengetik dan tinggal mengucapkan kata yang ingin kita terjemahkan ke bahasa yang kita pilih. 

Sama halnya dengan fitur gambar, misalnya kita berada di suatu tempat asing yang semua penunjuk arah nya ditulis menggunakan bahasa yang kita tidak ketahui, kita tinggal memotret penunjuk arah tersebut dan google translate akan menerjemahkannya untukmu. 

nextup.ai
nextup.ai
2. Catatan singkat / pelajari kosa kata yg penting

persiapkan dirimu dengan mencari tahu kosa kata dasar seperti bagaimana mengucapkan permisi, maaf, dan terimakasih. Kamu juga bisa membawa catatan kecil berisi kalimat-kalimat seperti "dimana letak kantor polisi berada?" atau "bisakah anda memberi tahu saya dimana letak kamar mandi berada?" kalimat-kalimat tersebut akan sangat membantumu terutama dalam keadaan darurat.

brightside.me
brightside.me
3. Hindari gestur-gestur tertentu

Seperti yang kita sudah ketahui, berbeda negara berbeda juga peraturan yang harus ditaati dan tata krama yang harus dijunjung. kita di indonesia saja setiap daerah pasti memiliki hal-hal yang dirasa sopan dan tidak sopan, apalagi di luar negeri. Kita bisa mencari tahu mengenai hal ini sebelum kita berangkat ke negara tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x