Mohon tunggu...
petra carmelita
petra carmelita Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Cari Jodoh Berdasarkan Golongan Darah

9 November 2020   10:40 Diperbarui: 9 November 2020   10:54 57 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cari Jodoh Berdasarkan Golongan Darah
images-7-5fa8b515d541df23f34e9f32.jpeg

Tahukah kalian tentang kepercayaan masyarakat Korea Selatan akan Golongan Darah? Budaya unik yang satu ini cukup populer di Korea Selatan. Selain Jepang, masyarakat Korea Selatan mempercayai bahwa golongan darah dapat menentukan sifat dan kepribadian seseorang, gaya berpakaian, tindakan, melamar pekerjaan, bahkan sampai menilai kecocokan dalam mencari jodoh. Pertanyaan mengenai "apa golongan darah kamu?" merupakan sudah sangat wajar dilontarkan di negeri ginseng ini dan selalu menjadi topik bahasan yang menarik. 

Identitas budaya menurut Fong (Samovar : 244) adalah identifikasi komunikasi sebagai sistem perilaku simbolis secara verbal atau non verbal dengan rasa saling memiliki dan saling berbagi tradisi, warisan, dan norma yang sama. Identitas budaya merupakan konstruksi sosial. Salah satu contohnya adalah kepercayaan terhadap golongan darah yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Korea Selatan.

Menurut saya, ini adalah kebudayaan yang unik ketika kebanyakan orang lebih percaya pada ramalan zodiak daripada golongan darah. Saking terkenal nya kepercayaan mengenai golongan darah, hingga diterbitkan buku mengenai karakteristik setiap golongan darah yang dikemas dalam kartun dan dialog yang menarik.

20201108-135055-5fa8b5308ede48214251dcb2.png
20201108-135055-5fa8b5308ede48214251dcb2.png
Seperti pada gambar di atas, dapat dilihat berbagai karakteristik yang dimiliki setiap golongan darah. Golongan darah A memiliki karakteristik seperti dapat mengontrol emosi dan sangat peduli terhadap orang lain. Golongan darah B memiliki banyak ide kreatif dan optimis terhadap masa depan. Untuk golongandarah O adalah mereka yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan golongan darah AB yaitu gabungan dari golongan darah A dan B. Perbedaan karakteristik dari setiap golongan darah ini kemudian membentuk identitas personal dari setiap orang yang membuat beda dari orang-orang di sekitar mereka.  Namun, tidak jarang bahwa penggolongan berdasarkan golongan darah ini malah menimbulkan stereotip di masyarakat. Mereka yang bergolongan darah tertentu memiliki sifat yang melulu begini dan begitu. 

Perlu diingat bahwa tidak semua orang Korea percaya terhadap teori golongan darah ini. 

Daftar Pustaka 

Dong Sun, Park. 2015. A Simple Thinking About Blood Type: Animation Comic Book. Ponorogo : Haru Media. 

Samovar. 2015. Communication Between Cultures, Ninth Edition. Boston : Cengage Learning. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x