Mohon tunggu...
Yusuf Afif
Yusuf Afif Mohon Tunggu... Founder pamankicau.com

Share perawatan burung kicau

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Rahasia Perawatan Lovebird Kusumo Ngekek Panjang

26 Juli 2019   21:08 Diperbarui: 26 Juli 2019   21:08 0 0 0 Mohon Tunggu...

Lovebird kusumo merupakan salah satu legenda lovebird ngekek di Indonesia. Hal ini dikarenakan kualitas ngekeknya yang panjang sampai konslet sehingga sangat mengagumkan. Bahkan, di beberapa tempat, lovebird kusumo selalu menjadi langganan juara dalam setiap lomba lovebird.

Kini kusumo tinggal kenangan karena lovebird kusumo sudah mati dan tidak bisa meramaikan dunia ngekek lagi. Namun lovebird kusumo sudah melegenda dikalangan kicau mania.

Om Sigit Wmp selaku pemilik kusumo pernah membocorkan perawatan harian maupun setingan lomba LB kusumo.

Perawatan lovebird kusumo pun tidak asal -- asalan seperti lovebird pada umumnya. Oleh karena itu, ada baiknya kalian mengetahui tips perawatan lovebird dari om Sigit agar bisa ngekek panjang seperti lovebird kusumo.

Pemberian Pakan
Perawatan lovebird kusumo yang pertama adalah  harus memperhatikan pemberian pakannya. Hampir semua jenis burung lovebird biasanya diberikan pakan milet atau biji jagung muda.

Extra Fooder
Selain memberikan pakan harian, Extra Fooder juga sangat penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada lovebird kusumo. Umumnya, buah apel menjadi andalan untuk menjadi EF lovebird.
Hal ini dikarenakan apel dapat meningkatkan kualitas kicauan lovebird kusumo. Namun jangan lupa untuk selalu bersihkan bagian tengah apel agar kandungan sianidanya tidak termakan oleh burung.

Pemandian
Proses pemandian lovebird kusumo juga berbeda dengan lovebird lainnya. Untuk menguatkan mentalnya, lovebird kusumo tidak hanya dimandikan dengan semprotan atau bak mandi. Melainkan, burung juga harus dimandikan dibawah air hujan secara langsung.
Proses ini umumnya berlangsung 5 hingga 10 menit. Hal untuk menjaga agar lovebird tidak sakit.

Pemasteran
Perawatan lovebird kusumo yang terakhir adalah pemasteran. Untuk menjadi burung yang gacor dan bisa ngekek panjang, tentunya kita harus rutin melakukan pemasteran pada lovebird kusumo.

Pemasteran pun dilakukan dengan menggunakan rekaman suara lovebird ngekek panjang yang berbeda -- beda. Biasanya, rekaman diganti tiap 3 hari atau satu minggu sekali agar kicauan lovebird bervariasi.

Demikianlah beberapa tips khusus perawatan lovebird kusumo. Akan sangat disayangkan bila kalian memiliki lovebird kusumo namun tidak dirawat dengan baik dan tidak bisa ngekek panjang.