link video: https://youtu.be/JBDSDccMf2AÂ
A. Unsur budaya apa yang ada pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dalam video?
- Dari hasil pengamatan saya setelah menonton video tersebut unsur budaya yang ada pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu sebagai berikut:
- Berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
- Memberikan salam kebudayaan
- Menggunakan busana kebudayaann dari peserta didik
- Kegiatan apresepsi dengan menonton video kebudyan lokal (ogoh-ogoh)
- Mengelompokan peserta didik dengan majemuk
- Menyanyikan lagu-lagu daerah
B. Apakah tahapan yg dilakukan oleh guru sudah sesuai degan penerapan CRT di kelas? Mengapa?
Menurut saya tahapan yang dilakukan oleh guru dalam video yang disajikan tersebut sudah sesuai dengan penerapan CRT di kelas.
Dikarenakan guru dalam pembelajaran sudah mengajak peserta didik untuk mengenali identitas budayanya hal ini dibuktikan dengan  peserta didik dan guru menggunakan busana kebudayaan yang dimilikinya dan menggunakan salam kebudayaan. Juga guru dalam kegiatan pembelajaran sudah memberikan pemahaman kebudayaan kepada peserta didik dengan cara mengkonstruksikan pemahaman budaya dengan ilmu pengetahuan dengan cara menonton video kebudayaan lokal (ogoh-ogoh) dengan mengaitkan materi gotong royong yang dilaksanakan dalam budaya ogoh-ogoh. Hal lain juga tahapan yang sudah sesuai dengan CRT yang dilakukan oleh guru yaitu guru mengkondisikan peserta didik ke dalam kelompok yang majemuk untuk membahas konsep materi yang kemudian hasil diskusi mereka akan disajikan dalam bentuk projek drama dialog sederhana tentang gotong royong.
C. Apa saja kelebihan dari pendekatan Culturally Responsive Teaching?
Kelebihan dari CRT adalah sebagai berikut:
- Meningkatkan partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran
- Dengan pendekatan CRT peserta didik akan aktif dalam kegiatan pembelajaran dikarenakan peserta didik akan berpikir tentang hubungan kebudayaanya dengan materi yang diajarkan oleh guru.
- Membangkitkan kreatifitas dan inovasi peserta didik
- Dalam kegiatan pembelajaran ketika melakukan pendekatan CRT peserta didik akan berpikir kreatif dan berinovasi dalam menghasilkan sebuah projek atau menghasilkan sebuah tugas dengan mengaitkan kebudayaanya dengan materi pembelajaran.
- Peserta didik mampu mengkonstruksikan pemikiran tentang kebudayaan dalam kegiatan pembelajaran.
- Dalam kegiatan pembelajaran ketika guru menyajikan materi dan meminta peserta didik memberikan contoh dari materi yang dijelaskan, peserta didik akan berpikir tentang kebudayaannya yang bisa dijadikan contoh sesuai dengan materi yang diberikan oleh guru.
- Membantu memperkuat identitas kebudayaan peserta didik.
- Dengan melakukan pendektan CRT peserta didik akan belajar lebih mendalam untuk memahami kebudayaanya sehingga ketika peserta didik sudah memahami kebudayaanya hal ini bisa dijadikan identitas bagi pribadinya.
- Kemudahan bagi guru dalam menjelaskan materi pembelajaran.
- Dengan pendekatan CRT akan memudahkan guru dalam menjelaskan materi artinya guru bisa mengaitkan inti materi pembelajaran dengan kebudayaan peserta didik sehingga ketika mengaitkan materi pembelajaran dengan kebudayaan peserta didik, peserta didik dapat dengan mudah memahami materi tersebut, karena contoh materi yang disajikan oleh guru sering dilihat, diamati atau dilakukan oleh peserta didik dalam kebudayaanya.
D. Mengapa pendekatan Culturally Responsive Teaching dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan berpihak pada peserta didik?
Menurut saya pendekatan CRT dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman dan berpihak kepada peserta didik dikarenakan pendekatan CRT ini:
- Menciptakan lingkungan belajar yang aman
- Karena dalam kegiatan pembelajaran guru menghargai kebudayaan dari peserta didik. menghargai kebudayaan peserta didik ini dengan cara guru menyapa peserta didik dengan salam kebudayaannya dan menjelaskan materi yang sesuai dengan kebudayaan peserta didik sehingga dengan begitu peserta didik merasa  dihargai dalam kegiatan pembelajaran dan ketika peserta didik merasa dihargai maka akan membuat peserta didik merasa aman dalam kegiatan pembelajaran.
- Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman
- Artinya dalam kegiatan pembelajaran guru harus melaksanakan pembelajaran kebudayaan yang inklusif artinya guru harus bisa merangkul semua kebudayaan dari setiap peserta didik sehingga dalam kegiatan pembelajaran terciptanya lingkungan belajar yang harmonis, karena guru menghargai atau marangkul semua kebudayaan yang dimiliki oleh peserta didik dan dengan begitu akan menciptakan lingkungan yang nyaman untuk peserta didik.
- Menciptakan lingkungan belajar yang berpihak kepada peserta didik
- Dengan pendekatan CRT akan menciptakan lingkungan belajar yang berpihak kepada peserta didik karena dalam kegiatan pembelajaran proses kegiatan belajar guru hanya sebatas menjelaskan konsep materi dan guru meminta peserta didik untuk menemukan konsep yang dijelaskaanya dalam kebudayaan peserta didik atau pengalaman yang dialami peserta didik sehingga dengan begitu kegiatan belajar tersebut berpusat kepada peserta didik karena peserta didik akan mencari jawaban dalam kebudayaannya atau pengalamannya.
E. Bagaimana keterkaitan pendekatan CRT dengan hasil belajar siswa?
Keterkaitan pendekatan CRT dengan hasil belajar adalah sebagai berikut:
- Meningkatkan pemahaman peserta didik.
- Artinya peserta didik mampu menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman kebudayaanya dengan begitu dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang dijelaskan, sehingga hasil belajar peserta didik dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran
- Penggunaan strategi yang beragam
- Artinya dalam kegiatan pembelajaran guru harus bisa menggunakan strategi pembelajaran yang banyak dan harus sesuai dengan kebbudayaan peserta didik, dengan menggunakan strategi yang sesuai dengan kebudayaan dari setiap peserta didik akan menigkatkan efektifitas pembelajaran sehingga dapat membantu peserta didik untuk mencapai hasil belajar.
- Â Keterkaitan materi dengan kebudayaan peserta didik
- Artinya dengan mengaitkan CRT dengan kebudayaan dari peserta didik akan membuat peserta didik bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik  dapat dengan mudah memahmi materi yang dijelaskan oleh guru.