Mike Ward dalam bukunya, Journalism Online, menjelaskan panjang lebar mengenai jurnalisme online. Ia mengatakan, karena dikendalikan oleh pengguna dan memiliki banyak aspek, media online adalah media yang berbeda. Jurnalisme online merupakan suatu hal yang luas, yang mempunyai konten dari berbagai jenis: organisasi berita, organisasi komersial, organisasi pemerintah, organisasi masyarakat, organisasi non-profit, dan organisasi umum,
Kita bisa secara luas menjabarkan proses jurnalisme online menjadi:
- Mengidentifikasi kejadian, fakta, pengalaman, atau opini yang mungkin menarik untuk pembaca;
- Memperoleh informasi lebih jauh untuk mengembangkan ide awal dan untuk memverifikasi akurasi dan relevansi untuk pembaca;
- Menyeleksi apa yang sudah dikumpulkan, yang mana lebih menarik dan berharga untuk pembaca
- Menyusun serta mempresentasikan materi dengan akurasi dan kejujuran yang disesuaikan dengan pembaca.
Yang istimewa dari jurnalisme online:
1. Pencarian secara online dan pelaporan
- Melimpahnya jenis sumber yang dapat diakses, baik dari seseorang, data, dokumen, atau arsip berita;
- Banyaknya hal yang dapat diakses;
- Kecepatan akses;
- Hal yang dapat dilakukan dengan data yang didapat;
- Kemampuan untuk berdebat atau berdiskusi melalui e-mail Âdan forum.
2. Online sebagai sarana konstruksi cerita dan media publikasi
- Melalui website, potensi untuk meng-update berita jauh lebih besar dan cepat dibanding media lainnya;
- Suatu website bisa memiliki ratusan halaman yang berbeda dan berhubungan satu sama lain, tapi dapat tetap berdiri sendiri-sendiri;
- Suatu website dapat menyajikan tulisan, gambar, suara, dan video di dalam satu tempat yang sama;
- Situs berita mampu menyediakan berita yang ia miliki di manapun, baik di halaman depan situs, database, sampai layar telepon genggam;
- Arsip yang dimiliki dapat dengan mudah diakses oleh pembaca saat sedang membaca suatu berita;
- Berita yang dimuat dapat diakses sesuai keinginan para pembaca, sehingga mereka bebas memilih berita mana yang ingin mereka baca terlebih dahulu;
- Interaksi antara konsumen dengan penyedia serta konsumen dengan konsumen dapat terbentuk. Bahkan, seorang konsumen pun juga dapat berubah menjadi penyedia berita;
- Berita yang dimuat dapat dihubungkan dengan berita lainnya yang serupa.