Mohon tunggu...
PERSKOM
PERSKOM Mohon Tunggu... Media

Pers dan komunikasi Pramuka UIN Bandung

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peka 2019 Bertajuk Pramuka Keren tanpa Sampah Plastik

1 Oktober 2019   13:00 Diperbarui: 1 Oktober 2019   13:26 8 0 0 Mohon Tunggu...
Peka 2019 Bertajuk Pramuka Keren tanpa Sampah Plastik
Dok.Aep Saepudin/Suasana Peka 2019

PEKA 2019 Bertajuk Pramuka Keren Tanpa Plastik

Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung kembali menggelar Pengenalan Kepramukaan (PEKA), pada 28-29 September 2019 bertempat di Aula Anwar Musaddad UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ketua Dewan Ambalan Fajar Choirul Anam menuturkan, yang membedakan kegiatan PEKA kali ini dengan tahun  sebelumnya yakni mengusung tema lingkungan dengan slogan pramuka keren tanpa plastik (PETIK).

"#pramukakerentanpaplastik akan diaplikasikan berupa tidak menghasilkan sampah plastik selama kegiatan, baik itu fasilitas yang diberikan oleh panitia kepada peserta. Antisipasinya, semua fasilitas peserta dikemas menggunakan barang yang bisa dipakai dalam jangka panjang" ujar Fajar Choirul Anam.

Kegiatan ini terbuka secara umum yang bertujuan untuk memperkenalkan kepramukaan diperguruan tinggi khususnya untuk mahasiswa baru UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai bekal di perkuliahan.

Dok.Pribadi/Pemberian Plakat kepada Ka.Kwarcab,dan Ka.Kwarda
Dok.Pribadi/Pemberian Plakat kepada Ka.Kwarcab,dan Ka.Kwarda
Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof. Dr. H. Mahmud. M. Si menjelaskan bahwasannya Gerakan Pramuka merupakan salah satu organisasi yang tepat untuk belajar berbagai macam hal guna mempersiapkan masa depan.

"Menurut saya sebagai rektor sangat tepat untuk adik-adik masuk ke Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Karena selama empat tahun saya bersama dengan gerakan pramuka dan unit kegiatan lainnya, gerakan pramuka dimata saya termasuk unit kegiatan mahasiswa yang cukup progresif dan inovatif." jelas Mahmud

Pada kegiatan PEKA peserta menerima materi seputar Gerakan Pramuka secara umum, Gerakan Pramuka UIN Bandung, Lingkungan, dan Kebangsaan, yang dikemas menggunakan metode diskusi, sharing, atau talkshow.

Adapun sejumlah pemantik yang turut hadir seperti, Oded M Danial selaku Mabicab dan Ketua Kwartir Cabang Kota Bandung, Dede Yusuf penggagas Pramuka Jabar Kahiji, Sherly Annavita Rahmi aktivis kepemudaan, serta Zainal Abidin salah satu pendiri UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Fajar menambahkan, pihaknya bekerjasama dengan beberapa instansi seperti, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhutani Jawa Barat, Dinas Pekerjaan Umum (PU), Kwartir Daerah Jawa Barat, dan Dewan Kerja Daerah Jawa Barat.

Dalam kegiatan PEKA juga akan dilaksanakan Diskusi Strategi Pramuka Masa Kini (Distraksi) serta Deklarasi Pramuka Jawa Barat Cinta Lingkungan berupa simbolis penanaman pohon di kampus 1 UIN Sunan Gunung Djati Bandung serta pembentukan relawan Pramuka Jawa Barat Cinta Lingkungan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN