Mohon tunggu...
Permita N. E. Supusepa
Permita N. E. Supusepa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seseorang yang hobby bernyanyi

Menyanyi adalah menjadi bagian yang sangat saya gemari sejak kecil.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Magang di PT Bank Maluku Malut Cabang Utama Ambon

20 April 2021   14:46 Diperbarui: 20 April 2021   15:28 1399
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya ingin berbagi cerita tentang pengalaman saya sebagai seorang mahasiswa dari Program Studi Ekonomi Universitas Amikom Yogyakarta yang magang di PT. Bank Maluku Malut Cabang Utama Kota Ambon. Program magang ini diadakan guna untuk mempraktekkan teori yang dipelajari saat perkuliahan, serta memaksimalkan potensi mahasiswa karena program magang ini mahasiswa dilatih untuk terjun langsung di dunia kerja. Sehingga diharapkan setelah lulus kuliah mahasiswa dapat memiliki skill dan ketrampilan yang memadai serta siap untuk menghadapi dunia pekerjaan.

Puji Tuhan saya diberikan kesempatan diterima magang di PT. Bank Maluku Malut Cabang Utama Kota Ambon. Dsini saya bisa merasakan jadi pegawai walaupun pekerjaan yang saya kerjakan tidak sepenuhnya sama dengan pegawai sungguhan. 1 Februari saya mulai magang dan berakhir pada 1 Maret 2021. Dikarenakan pandemi covid-19 ini saya sebagai mahasiswa magang harus memiliki hasil test rapid anitegen untuk menjaga kondisi di lingkungan PT. Bank Maluku Malut Cabang Utama Kota Ambon.

Hari pertama magang saya di bawa menghadap pemimpin pengganti sementara yang sekaligus menjabat sebagai kepala bagian, untuk memperkenalkan diri juga mendapat pengarahan selama bekerja disana. Saat mendapat pengarahan ternyata saya tidak hanya di posisikan bekerja pada satu bagian, melainkan rolling ke beberapa bagian. Setelah diberi pengarahan minggu pertama magang, saya di posisikan dibagian Administrasi Credit (ADC). Di bagian ADC ini tugas saya yaitu mengetik data permohonan kredit, meregist daftar buku (PK kredit konsumtif, PK KL, loan, non loan, surat memo, nota debet, dan nota kredit). Selama bekerja di ADC saya juga banyak diajarkan mengenai hal-hal perkreditan, dan prosedur pengajuan kredit. Setelah seminggu bekerja di bagian ADC, kemudian saya di pindahkan ke bagian customer service (CS). Kegiatan yang harus kerjakan saya selama di CS antara lain:

  • Melayani nasabah
  • Menulis daftar regist pembuka buku Tabungan Mutiara (TAMURA), Tabungan Simpanan Pembangunan Daerah (SIMPEDA), dan kartu ATM;
  • Mengisi data pada slip setoran, ceklist, specimen TTD;
  • Memberi berkas-berkas nasabah kepada pemimpin untuk diperiksa dan di otorisasi;
  • Meminta TTD nasabah pada buku tabungan dan specimen TTD;
  • Menulis daftar regist kartu ATM nasabah yang tertelan;
  • Memberikan penjelasan kepada nasabah untuk melengkapi berkas-berkas.

Dokpri
Dokpri
Disini saya di tempatkan selama 3 minggu, seharusnya hanya 2 minggu namun diakarenakan adanya info bahwa akan ada pembukaan buku rekening gaji para pegawai, perawat, maupun dokter dari RSUD Haulussy di Ambon yang secara keseluruhan kurang lebih 400an orang. Karena banyaknya nasabah yang akan membuka buku rekening maka saya diminta untuk memeriksa kelengkapan berkas-berkas mereka, sehingga saya tidak dipindahkan ke bagian lainnya. Walaupun saya tidak dipindahkan saya sangat bersyukur karena mendapat banyak sekali pengalaman di bagian customer service ini. 

Hal yang sangat berkesan adalah ketika melayani banyaknya nasabah dari RSUD Haulussy ini, saya bisa lebih banyak bekerja dan lebih mengerti bagaimana menjelaskan kepada mereka tentang hal-hal yang ingin diketahui, misalnya seperti saat mereka tidak tahu berkas apa saja yang harus dilengkapi untuk membuka buku rekening. 

Selain nasabah RSUD Haulussy, nasabah lainnya yang hilangan/rusak kartu ATM ataupun buku tabungannya, saya bisa menjelaskan apa saja yang perlu dilakukan dan berkas-berkas yang harus dilengkapi untuk mendapat kartu ATM maupun buku tabungan yang baru. Sama seperti ketika di bagian ADC saya mendapat pelajaran mengenai prosedur pembukaan buku rekening, juga hal-hal yang tidak saya ketahui saat bekerja di bagian CS. Saya juga diajak untuk membawa pensiunan lansia, serta mengambil setoran tabungan dari anak-anak sekolah minggu.

Dokpri
Dokpri
Selama sebulan magang, saya mendapatkan banyak pengalaman yang tidak pernah saya rasakan dan tak akan terlupakan. Ucapan terima kasih saya yang sebesar-besarnya kepada PT. Bank Maluku Malut Kota Ambon yang telah menerima saya, juga kepada seluruh pegawai dan pimpinan yang sangat baik mau membimbing saya selama magang. Banyak hal yang saya pelajari dan sangat bermanfaat untuk bekal kedepannya nanti ketika bekerja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun