Mohon tunggu...
Aam Permana S
Aam Permana S Mohon Tunggu... freelance

Menulis, jalan-jalan, merekam kejadian dan nonton sama istri. Mengalir, semuanya mengalir saja; patanjala

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Apa Saja Penyebab Asian Games 2018 Meriah?

22 Agustus 2018   09:49 Diperbarui: 26 Agustus 2018   13:58 0 1 0 Mohon Tunggu...
Apa Saja Penyebab Asian Games 2018 Meriah?
Sumber: APP Sinar Mas, salahsatu penyebab meriah

Banyak yang mengaku, pelaksanaan Asian Games 2018 di Indonesia cukup meriah dan kemungkinan besar sukses. Menariknya, pengakuan tersebut bukan hanya dilontarkan masyarakat di Tanah Air saja, tetapi juga mancanegara. Hal itu setidaknya bisa dibaca, didengar dan dilihat dari berbagai media cetak, elektronik dan online.

Lihat umpamanya komentar terhadap  pembukaan Asian Games di GBK beberapa waktu lalu. Sejauh yang bisa dibaca, didengar dan dilihat, komentar puluhan juta publik sangat positif terhadap acara tersebut. Sajian hiburan dan penataan acara pembukaan tersebut, bahkan disebut-sebut akan dicontoh negara lain, bila jadi penyelenggara even seperti Asian Games.

Dalam pembukaan yang berlangsung di GBK Jakarta tempo hari, diakui, memang ada yang menyebabkan pro dan kontra, terutama terkait visual Presiden naik moge agar cepat sampai ke GBK. Ada  yang menganggap visual itu mengada-ada dan tak masuk logika, sebab Paspampres dan petugas keamanan tak "menyapu" jalan yang akan dilewati Presiden. Padahal realitanya, tidak seperti itu.

Akan tetapi, secara umum, publik senang dan merasa terhibur. Publik tak peduli apakah di dalamnya ada pesan tertentu atau tidak.  Publik, benar-benar mengesampingkan urusan politik dan soal pencitraan. Yang penting, acara tersebut menyenangkan dan berkesan.

Lihat juga umpamanya sambutan atau antusiasme warga di seluruh Tanah Air terutama di daerah tempat penyelenggaraan Asian Games. Sambutan itu, terlihat begitu meriah, baik dari masyarakat maupun pemerintah daerah setempat, baik sebelum Asian Games dimulai, maupun sesudahnya. Dan itu semua, sejauh diketahui penulis, dilakukan dengan ikhlas dan satu tujuan: Asian Games 2018 di Indonesia sukses!

Lalu, apa saja penyebab Asian Games 2018 meriah dan kemungkinan besar sukses? Penyebabnya tentu banyak. Salahsatunya, karena event tersebut mendapat dukungan luar biasa dari berbagai pihak, termasuk di antaranya dari APP Sinar Mas.

Seperti dikutip dari blog resminya, untuk perhelatan akbar ke 18 se Asia tersebut, APP Sinar Mas benar-benar telah mencurahkan tenaga dan finansial tidak sedikit. Jauh sebelum dibuka, Asia Pulp& Paper Sinar Mas yang merupakan salahsatu  official partner Asian Games, membangkitkan deman Asian Games dan memperkuat dukungan dengan tanda pagar (tagar)#UntukmuIndonesiaku.

Dalam kaitan dengan itu, keluarga besarnya dan lintas pilar bisnisnya dirangkul untuk bergabung menyemarakkan Asian Games 2018. Bentuknya antara lain berupa penandatanganan petisi Sejuta Dukungan serta aksi flashmob serta goyang Maumere dan Poco-Poco lebih dari 1.000 karyawan, termasuk direksinya.

Selain itu, Sinar Mas juga menyediakan dan membangun sejumlah fasilitas pendukung. Sebut saja misalnya, lintasan boling di sebuah gedung dua lantai seluas 4.200 meter persegi dengan nilai Rp 27 miliar, dalam naungan Jakabaring Sport Center, Palembang.

Bukan hanya itu,  APP Sinar Mas juga menyediakan produknya Sinar Dunia dan Paseo guna memenuhi kebutuhan kertas fotokopi serta tisu sepanjang Asian Games berlangsung. Selain itu, di Jakarta, Sinar Mas juga (Sinar Mas Land) membenahi 16 gedung olahraga dan fasilitas lainnya seperti di Pulomas dan Rawamangun.

Mudah-mudahan saja, APP Sinar Mas  dan official partner serta pendukung lainnya, benar-benar membuat Asian Games 2018 di Indonesia, bersinar---dan sukses!***