Mohon tunggu...
Aam Permana S
Aam Permana S Mohon Tunggu... freelance

Menulis, jalan-jalan, merekam kejadian dan nonton sama istri. Mengalir, semuanya mengalir saja; patanjala

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pengibar Bendera di Istana Negara, Salah Satunya Pelajar dari Garut

16 Agustus 2018   12:54 Diperbarui: 16 Agustus 2018   13:02 610 0 0 Mohon Tunggu...
Pengibar Bendera di Istana Negara, Salah Satunya Pelajar dari Garut
Ahmad, sang pengibar bendera/dokpri

Seorang siswa kelas 11 di SMA Negeri 11 Garut, Jawa Barat, terpilih menjadi petugas pengibar bendera di Istana Negara, Jakarta, pada peringatan ulang tahun ke 37 Republik Indonesia. Terpilihnya,  Ahmad Syahrul Mukarom --demikian nama siswa, warga Kecamatan Cisurupan, Garut  tersebut, membuat bangga teman-teman dan gurunya.

"Ya, ya, saya sebagai temannya tentu bangga sekali. Tapi saya tak heran jika dia terpilih," kata Selsa, teman sekelasnya.

Menurut Selsa, Ahmad Syahrul selama ini dikenal sebagai pelajar yang baik dan cerdas. Dia juga pekerja keras serta memiliki keinginan yang kuat untuk maju. Karena itulah, Selsa tak heran, karibnya tersebut bisa terpilih jadi Paskibraka Nasional dan akan menjadi tontotan jutaan warga Indonesia pada  acara pengibaran bendera di Istana Negara.

Senada dengan Selsa, Bagja, senior Ahmad di Paskibraka Garut, juga mengaku bangga. Menurutnya,  Ahmad memang salasahsatu juniornya yang sejak awal terlihat menonjol. Dia disiplin dan cerdas, selain ramah dan hormat kepada siapapun, termasuk seniornya.

"Ketika dia jadi juara pertama Paskibraka Tingkat Propinsi Jawa Barat, saya sudah menduga dia akan jadi Paskibraka Nasional. Ternyata saya tak meleset. Dia terpilih dan akan menjadi penggerek bendera merah putih pada upacara di Istana Negara," jelasnya.

Pihak sekolah pun sudah pasti memberikan apresiasi yang sangat besar.  "Ahmad memang luar biasa," kata Wakasek Kesiswaan SMA Negeri 11 Garut, Tatang Mulaya. Prestasinya tersebut, imbuhnya, melengkapi prestasi lain Ahmad yakni di bidang olahraga terutama bulu tangkis.

Sebelum terpilih, Ahmad Syahrul, diketahui mengikuti sejumlah seleksi yang ketat. Dia mengikuti Paskibraka di lingkungan sekolah, ikut seleksi tingkat kabupaten dan propinsi,  hingga akhirnya  lolos seleksi Paskibraka Nasional yang disiapkan untuk jadi tim Pengibar Bendera di Istana Negara.

Setelah lolos di tingkat nasional, menjelang Peringatan HUT ke 37 RI, ia harus menjalani latihan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga atau PP-PON Kemenpora, Cibubur, Jakarta.

Dan besok, pelajar yang bercita-cita jadi anggota TNI itu, akan menunjukkan kemampuanya dalam Upacara Bendera di Istana Negara. Selamat, Cep!**

VIDEO PILIHAN