Mohon tunggu...
Aam Permana S
Aam Permana S Mohon Tunggu... freelance

Menulis, jalan-jalan, merekam kejadian dan nonton sama istri. Mengalir, semuanya mengalir saja; patanjala

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Air Mengalir di Kaki Pohon Pinus Kampung Ciherang

12 Agustus 2018   07:49 Diperbarui: 12 Agustus 2018   08:13 0 4 1 Mohon Tunggu...
Air Mengalir di Kaki Pohon Pinus Kampung Ciherang
Kampung Ciherang/dokpri

Wanawisata Kampung Ciherang di Cijambu Kecamatan Tanjungsari, Sumedang, tetap memiliki daya pikat dan dikunjungi banyak wisatawan hingga saat ini. Padahal, di Sumedang termasuk  di wilayah kecamatan terdekat seperti Kecamatan Sukasari dan Jatinangor, bermunculan wanawisata sejenis.

"Alhamdulilah, pengunjung tetap banyak, terutama pada Sabtu dan Minggu. Padahal sekarang bermunculan wanawisata sejenis di Sumedang," kata Yayan, seorang petugas di Wanawisata Kampung Ciherang kepada , baru-baru ini.

Awalnya, jelasnya, ketika muncul wanawisata sejenis di Sumedang, pengunjung sedikit berkurang. Bisa dipahami.  Barangkali karena wisatawan banyak yang mencoba pelesir ke obyek wisata baru tersebut, untuk menikmati keindahannya dan fasilitasnya. Namun kemudian, pengunjung mulai berdatangan lagi ke Kampung Cijerang.

"Bisa jadi, karena berwisata ke sini, sensasinya beda, selain lebih indah dan fasilitasnya lebih lengkap," kata Yayan.

Dan memang begitulah Wanawisata Kampung Ciherang.

Wana Wisata Kampung Ciherang  merupakan destinasi  yang memiliki pemandangan luar biasa, dan terus  digandrungi masyarakat.  Selain memiliki pemandangan luar biasa, lingkungan atau ekosistemnya pun masih asri dan terjaga dengan baik.

Lihat saja upamanya, ribuan pohon pinus yang berjejer  dan membuat teduh lokasinya. Atau lihat juga sebuah sungai berair jernih  di antara kaki ribuan pinus tersebut  yang biasa digunakan untuk berendam dan bermain air oleh anak-anak sekolah ketika liburan atau pulang sekolah, serta untuk mengaliri saluran irigasi untuk mengairi lahan pertanian di sekitar aliran sungai.  

Ada banyak fasilitas di wanawisata ini. Sekedar  menyebut  outbond, mini motocross, wahana air, persewaan kuda tunggang, rumah pohon, area bermain anak, selfie spot, dan gazebo.

Belakangan, fasilitas lainnya pun dibangunan  seperti flying fox, jembatan gantung, jaring laba-laba atau jembatan dua tali. Ada juga wahana permainan air seperti arung jeram atau ingin berenang di kolam air yang tersedia dan aliran sungai.  Bagi yang mau menginap, bisa dengan memanfaatkan fasilitas camping atau berkemah dan Rumah Pohon.

Sementara bagi yang menyukai tanaman atau hewan peliharaan, di sini juga terdapat wahana Taman Bunga, Taman Burung, Taman Kelinci dan Taman Kupu-kupu.

"Karena lengkapnya fasilitas tersebutlah, Kampung Ciherang tetap jadi tujuan warga berpiknik," kata Yayan .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x