Mohon tunggu...
Muhamad Adib
Muhamad Adib Mohon Tunggu... Pegiat Sosial yang sedang ber evolusi menjadi pegiat kewirausahaan sosial

Jadikan masyarakat desa hutan,nafas Pembangunan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Wong Alas Sowan Presiden

24 Januari 2021   21:15 Diperbarui: 24 Januari 2021   21:28 67 1 0 Mohon Tunggu...

Yth. Bapak Presiden Jokowi

Ijinkan saya Adib Wong Alas di Banyumas sowan (menghadap) Bapak Presiden. Sebentar saja... tidak harus bertatap muka di Istana, bukan saja karena  ada corona, tetapi juga karena  wong alas belum tahu jalan Medan Merdeka.

Saya menghadap Bapak melalui sebuah buku kecil berjudul "Revolusi LMDH" yang saya kirim melalui Pak Pos dan surat pengantarnya mendahului saya unggah di sosial media.

Saya percaya pak Pos akan mengantar buku Revolusi LMDH sampai ke Istana. Dan seperti banyak surat-surat yang lain, pasti akan  sampai ke  Bapak. Lalu di pagi hari yang cerah, sambil meminum jamu racikan Ibu Iriana, sambil senyum-senyum Bapak Presiden akan membuka buku ini dan membaca....

Saya sangat yakin dan percaya Bapak Presiden Joko Widodo amat sangat memahami potensi dan problematika kehidupan masyarakat desa hutan Jawa sejak Bapak masih mahasiswa. Semoga, buku ini bisa menjadi pengobat rindu dan Bapak akan kembali bersenandung lagu "Mars Rimbawan"

Buku Revolusi LMDH adalah  cerita nyata  tentang pengalaman wong alas berkegiatan dan kerja kerja kerja bersama jutaan kawan-kawan yang berhimpun di 5.332 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jawa. Sebuah lembaga masyarakat desa hutan yang sudah 20 (dua puluh) tahun menjadi mitra Perum Perhutani mengurus dan mengelola hutan Jawa.

Buku Revolusi LMDH adalah cerita nyata tentang semangat masyarakat desa hutan Jawa untuk :

  • Memerdekakan masyarakat desa hutan dari belenggu kebodohan, kemiskinan dan ketertinggalan
  • Menghadirkan Negara melindungi masyarakat Perhutanan Sosial melalui jaminan sosial ketenagakerjaan (jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian)
  • Menjaga eksistensi hutan Jawa sebagai jantung ekologi Indonesia

Juga tentang mimpi puluhan juta warga desa hutan yang ingin hidup sejahtera dan bahagia dengan memanfaatkan potensi sumberdaya hutan untuk Wana Tani dan Wana Wisata tanpa mengurangi luasan, fungsi dan status kawasan hutan Jawa sebagai hutan Negara.

Bapak Presiden yang terhormat...

Revolusi LMDH, sesungguhnya adalah revolusi mental petani hutan, pegiat dan rimbawan hutan Jawa untuk bekerja lebih keras, bergotong royong lebih kuat dan berkolaborasi sepenuh hati mewujudkan kemakmuran Nusantara dari pinggiran hutan.

Revolusi LMDH adalah Perhutanan Sosial yang dimplementasikan dengan kewirausahaan sosial (Koperasi) terintegrasi dengan perlindungan jaminan sosial (Pendidikan,Kesehatan dan Ketenagakerjaan) untuk kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Salam Revolusi (Menta) LMDH

Adib Wong Alas

VIDEO PILIHAN