Mohon tunggu...
Yudha Adi Putra
Yudha Adi Putra Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Tidak Pernah Mati

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Pergerakan Mahasiswa dan Pemilu 2024

4 November 2022   14:30 Diperbarui: 4 November 2022   14:35 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pergerakan Mahasiswa dan Pemilu 2024

Yudha Adi Putra

Ketua BEM Fakultas Teologi UKDW

Duta Bahasa 2019

Penulis Esai, Puisi, dan Cerpen

Dinamika pergerakan mahasiswa semakin beragam. Tantangan dan peluang pergerakan mahasiswa terus mengalami perubahan. Mahasiswa merupakan harapan bangsa di tengah berbagai upayanya untuk mempersiapkan diri menjadi generasi muda. 

Mahasiswa memiliki potensi dalam proses pembangunan. Bentuk keterlibatannya dalam daya kritis terhadap persoalan hidup sangat diharapkan. Pergerakan mahasiswa menjadi media untuk mahasiswa mengaktualisasikan dirinya. 

Dalam hal ini, ada ruang diskusi dan daya kritis diolah untuk memilikirkan bersama persoalan realita hidup. Peran dan bentuk dinamika mahasiswa tentu juga tidak bisa lepas dari persoalan politik. Pergerakan mahasiswa juga turut berpolitik dan belajar dinamika politik.

Akan tetapi, hal tersebut menjadi berbahaya ketika dalam pergerakan mahasiswa terdapat keterlibatan politik praktis. Ini patut disadari menjelang adanya tahun politik 2024 dimana ada pemilu. Peristiwa politik memang terjadi sehari-hari. 

Dalam pergerakan mahasiswa perlu ada daya kritis dalam berpolitik. Tidak hanya sebagai pergerakan yang menabung suara untuk kepentingan politik praktis tertentu. Keterlibatan secara praktis itu akan menjadi tidak sejalan dengan daya kritis mahasiswa dimana merespon perubahan untuk ranah yang lebih baik lagi.

Pergerakan Mahasiswa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun