Mohon tunggu...
Yudha Adi Putra
Yudha Adi Putra Mohon Tunggu... Penulis - bekerja untuk keabadian

Penulis ~ @perlukuan ~ Mahasiswa Fakultas Teologi ~ Universitas Kristen Duta Wacana ~

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pendidikan dalam Keluarga: Mengupayakan Pemerataan Pendidikan sebagai Gerbang Merdeka Belajar

12 Mei 2022   14:30 Diperbarui: 12 Mei 2022   14:43 185 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan dalam Keluarga : Mengupayakan Pemerataan Pendidikan sebagai Gerbang Awal Merdeka Belajar

Yudha Adi Putra

Universitas Kristen Duta Wacana

Pengantar : Pendidikan dalam Keluarga

 Saya sering mendengarkan ungkapan yang berkata demikian, "buah jatuh itu pastinya tidak jauh dari pohonnya". Menurut saya, ini menarik ketika berbicara mengenai pendidikan dengan kaitannya ungkapan tersebut. Buah yang jatuh tidak jauh dari pohon kalau boleh saya artikan berarti keberadaan anak tentunya tidak akan jauh berbeda dari orangtuanya. 

Ungkapan ini hendak menunjukkan bahwa keberadaan anak memiliki sesuatu yang diturunkan atau diwariskan dari orangtuanya. Orangtua itu ibarat pohon, dan anak itu merupakan buahnya. Jadi bagaimana keadaan anak pasti memiliki sesuatu yang dimiliki oleh orangtuanya. 

Kurang lebih seperti itu, tetapi bagaimana jika pohon yang menjatuhkan buah itu berada di pinggir sungai atau pohonnya berada di puncak gunung. Apakah buah yang jatuh akan tetap tidak jauh dari pohon ?. Tentu saja tidak, buahnya bisa sampai kemana-mana. Ungkapan buah jatuh tidak bisa jauh dari pohon sepertinya juga tidak terlalu relevan untuk membaca apa yang menjadi fenomena anak saat ini.

Saya sendiri merasakan kalau anak-anak itu seolah lahir dari manusia tetapi dididik oleh HP atau media sosial. Berbicara soal mendidik anak, tentu yang pertama kali mendidik adalah keluarga atau setidaknya orang yang awal membersamai anak itu tumbuh. Keluarga memiliki peran penting dalam mendidik anak. 

Setiap keluarga tentu menjadi khas dalam mendidik anak, ada yang boleh keluar malam sampai jam 12 malam. Mungkin ada juga yang boleh sampai tidak pulang. Macam-macam bentuk pendidikan dalam keluarga, tentu tidak hanya berkaitan dengan jam pulang ke rumah. Pendidikan dalam keluarga akan berimplikasi pada bagaimana anak membangun relasi, belajar, serta memproses dan berproses apa yang dijumpainya ketika bertumbuh dewasa.

Peran Orangtua dalam Pendidikan Keluarga

Bagaimana anak bertumbuh dan memiliki pandangan tersendiri bagi berbagai persoalan yang ada di kehidupan, menurut saya sedikit banyak dipengaruhi oleh bagaimana anak tersebut dididik oleh orangtuanya. Setidaknya pada beberapa pandangan mendasar, mengingat saat ini banyak peran orangtua yang menjadi bias dalam kehidupan berproses menuju lebih baik lagi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan