Mohon tunggu...
Enrico AldyFirmansyah
Enrico AldyFirmansyah Mohon Tunggu... Edukasi Seks

Proses Menuliskan Kegiatan Edukasi Seks Kepada Remaja

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Edukasi Seks Pranikah di Kalangan Remaja, Aksi Sosial Peduli #TemanRemaja

18 Mei 2021   10:55 Diperbarui: 18 Mei 2021   12:18 54 1 0 Mohon Tunggu...

Kelompok 7 - Kelompok 7 dari mata kuliah Praksis Sosial HKn Off B telah mengadakan kegiatan aksi sosial secara virtual dengan memanfaatkan kemajuan di era society 5.0 yaitu melalui aplikasi media sosial. Aksi sosial ini di selenggarakan oleh kelompok 7 yang terdiri atas 4 orang, yaitu Enrico Aldy Firmansyah (190711637335), Fitri Ariska (190711637204), Ifana Ade Pratiwi (190711637279), dan Laili Nadiyah Nafis V (190711637289), dengan dosen pengampu Bu Rista Ayu Mawarti, S.Pd, M.Pd. 

Edukasi seks pranikah telah dimulai sejak Jumat, 2 April 2021 pada konten instagram dengan nama akun @perihalremaja. Kelompok tujuh menggunakan Instagram karena media sosial ini yang paling populer, terutama bagi pengguna internet di Indonesia. Dengan total pengguna aktif sekitar 61 juta orang. Dengan usia rata-rata yang aktif menggunakan platform ini adalah berada di rentang 18 sampai 24 tahun atau bisa dikatakan usia remaja, sehingga hal ini sangat cocok sekali dengan target sasaran dari edukasi seks pranikah ini, yaitu usia remaja. Konten yang kelompok ini gunakan disesuaikan dengan banyaknya fitur yang dimiliki oleh Instagram, seperti pada Instagram story, feed, dan IG TV, baik itu edukasi berupa gambar poster, video, dan juga live Instagram. 

Tujuan dari bentuk aksi sosial kelompok 7 ini, tidak lain untuk mengedukasi serta memberikan informasi mengenai seksualitas serta pencegahan seks pranikah agar remaja pada khususnya serta masyarakat umum tidak lagi melakukan tindakan seks pranikah. Agar dapat disebarkan dengan mudah, jangkauan yang luas, dipahami oleh pembaca serta dapat menambah dan memperluas informasi serta pengetahuan para pembaca, maka aksi sosial ini benar-benar dilakukan secara maksimal pada media sosial instagram @perihalremaja dengan menggunakan tagline #Temanremaja. Pada hari pertama Jumat, 2 April 2021 dibahas terkait definisi atau pengertian dari seks dengan konten berjudul "Kupas Tuntas Seksualitas Part I". 

Selanjutnya pada hari Selasa / 6 April 2021 edukasinya membahas terkait bentuk-bentuk seks yang berjudul "Kupas Tuntas Seksualitas Part II". Kemudian masih banyak lagi konten lain yang dibuat kelompok 7 pada edukasi seks pranikah ini, seperti yang berkaitan tentang pentingnya memberikan edukasi seks kepada anak, waktu yang tepat memberikan edukasi seks kepada anak, kapan waktu yang tepat dan diperbolehkan untuk melakukan seks, faktor penyebab terjadinya seks pranikah, bahaya dan dampak yang akan dirasakan remaja jika melakukan hubungan seks di luar nikah (pranikah), serta edukasi terkait cara mencegah dan menjaga diri dari seks pranikah untuk para remaja dan orang tua .

Begitu beragam langkah dan bentuk edukasi yang telah dilakukan oleh kelompok 7 ini termasuk mereka juga telah mengundang narasumber dari mahasiswa Politeknik Kesehatan Malang untuk menjadi pemateri dengan tema "Kupas Tuntas Seksualitas" pada live instagram @perihal remaja, dimana antusias teman-teman sangat banyak untuk hadir berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Selain itu, kelompok 7 juga telah mengadakan survey melalui kuesioner pada teman-teman remaja terkait seberapa tahu mereka tentang dan juga survei evaluasi dari kegiatan yang telah berlangsung selama ini.

Dengan demikian dapat disimpulkan adanya aksi sosial oleh kelompok 7 ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dasar mengenai seksualitas, sehingga wawasan tersebut dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari dan pengetahuannya dapat berkelanjutan disosialisasikan kepada teman-teman remaja yang lain agar mampu meminimalisir terjadinya kasus seks pranikah.

 

VIDEO PILIHAN