Mohon tunggu...
PERHUMAS Muda
PERHUMAS Muda Mohon Tunggu... Organisasi Profesi Humas

Perhimpunan Hubungan Masyarakat Muda Indonesia. Jakarta Raya-Bandung-Yogyakarta-Malang-Medan-Batam-Surakarta(Solo)-Semarang-Riau-Pawitanditogo (Pacitan,Ngawi,Magetan,Madiun & Ponorogo)-Aceh-Lampung | Instagram: @perhumasmuda | Email: perhumasmudaindonesia@gmail.com | Twitter: @perhumasmuda

Selanjutnya

Tutup

Muda Pilihan

The 3rd Jogja Public Relations Days (JPRD)

23 Januari 2017   01:13 Diperbarui: 24 Januari 2017   12:00 1083 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
The 3rd Jogja Public Relations Days (JPRD)
Jogja Public Relations Days ke-3. (PMY)

Salah satu kekuatan Indonesia terletak pada sektor pariwisata. Pariwisata di Indonesia menawarkan tidak hanya keindahan alam, tetapi juga kearifan lokal yang kaya hingga ide-ide kreatif masyarakat yang terus berkembang. Kekayaan ini membuat pariwisata menjadi penyumbang kuat pendapatan negara. Melalui PP No. 50 Tahun 2011 tentang KSPN, pemerintah menetapkan 88 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Kawasan yang ditetapkan menjadi KSPN ini menjadi prioritas bagi pemerintah terkait pengembangannya hingga 2019 untuk mendongkrak angka wisatawan. 

Candi Borobudur, Raja Ampat, Merapi, hingga kawasan Toraja dan sekitarnya adalah contoh kawasan-kawasan yang menjadi prioritas beberapa tahun ke depan. Kementerian Pariwisata RI memang menetapkan kawasan yang sudah terbukti memiliki potensi dan kekuatan untuk menarik wisatawan. Namun, masih banyak kawasan dan destinasi pariwisata yang belum tersentuh oleh pemerintah, yang sebenarnya memiliki keindahan dan keunikan yang sangat mengagumkan. Potensi-potensi pariwisata seperti budaya, bentang alam, serta masyarakat lokal sendiri adalah nilai pariwisata yang dapat ditawarkan dan memberikan warna tersendiri bagi pariwisata Indonesia.

Berangkat dari latar belakang tersebut, PERHUMAS Muda Yogyakarta dalam kreasinya, Jogja Public Relations Days yang merupakan acara tahunan akan mengangkat tema yakni Discovering The Hidden Jewels of Indonesia sebagai tema dalam pelaksanaan JPRD 2017. Dengan tema ini, PERHUMAS Muda Yogyakarta mengharapkan dapat menciptakan sebuah terobosan baru dalam program kehumasan untuk menyuarakan potensi-potensi dari pariwisata Indonesia yang belum banyak dikenal oleh masyarakat sebagai bagian dari aktivitas kehumasan di Indonesia. 

Pengurus PERHUMAS Muda Yogyakarta. (PMY)
Pengurus PERHUMAS Muda Yogyakarta. (PMY)
Hal tersebut diharapkan dapat menyempurnakan daripada teori PR/Humas itu sendiri yakni kontribusi nyata dalam pengembangan promosi pariwisata Indonesia yang bisa terbilang salah satu modal Indonesia dalam bersaing di percaturan internasional. Selain dapat menambah inovasi dibidang kehumasan, hal ini juga dapat meningkatkan citra dan kualitas dari berbagai potensi pariwisata Indonesia, tidak hanya di mata penduduk lokal namun sampai di kancah internasional.

JPRD ke-3. (PMY)
JPRD ke-3. (PMY)
Pada acara JPRD #3 ini terbagi dalam beberapa aktivitas, yakni:
  1.  Talkshow Ecoutourist: Small Think Everlast Thing 

Pada sesi talkshow ini akan mengangkat diskusi tentang banyak pihak-pihak eksternal yang terlibat dalam sektor pariwisata yang secara tidak langsung telah mematikan potensi wisata daerah itu sendiri, seperti misalnya keberadaan Mall dan Supermarket. Dengan demikian, sudah saatnya pariwisata yang hadir saat ini bisa memanfaatkan local wisdom yang dimiliki setiap daerah sehingga dapat menghasilkan output yang dapat menguntungkan masyarakat asli daerah itu sendiri. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal   : Jumat, 24 Maret 2017
Tempat            : Monumen Jogja Kembali, Yogyakarta

2. Workshop

Workshop ini akan berbentuk penyampaian materi sehingga kegiatan praktis yang berkaitan maeri serta kegiatan praktis yang berkaitan dengan tema Jogja Public Relations Days 2017 dan materi tersebut akan diberikan oleh beberapa pembicara. Kemudian, setelah sesi materi akan dilanjutkan dengan sesi Focus Group Discussion (FGD) dan ditutup dengan mini talkshow dari beberapa narasumber. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal   : Jumat, 24 Maret 2017
Tempat            : Monumen Jogja Kembali, Yogyakarta

3. PR League

PR League merupakan salah satu rangkaian kegiatan pada 3rd JPRD (Jogja Public Relations Days) yang diselenggarakan oleh organisasi profesi PERHUMAS Muda Yogyakarta yang beranggotakan mahasiswa/i dari beberapa Universitas di Yogyakarta. PR League bertujuan menjadi wadah mahasiswa/i yang tertarik dalam dunia PR untuk mengasah kemampuan secara kompetitif, dengan menyelesaikan permasalahan kehumasan melalui brief yang diberikan.

Berangkat dari tema besar 3rd JPRD "Discovering The Hidden Jewels of Indonesia", tahun ini PR League akan mengangkat judul "PR in Tourism: A Story from Home" yang merujuk pada strategi komunikasi pada potensi pariwisata di Indonesia. Mengingat tugas penting dari PR adalah perencanaan dan manajemen komunikasi untuk mencapai suatu tujuan. Dalam hal ini peserta ditantang untuk mengkomunikasikan pariwisata Indonesia yang potensinya belum didengar oleh masyarakat luas. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal   : Sabtu, 25 Maret 2017
Tempat            : Monumen Jogja Kembali, Yogyakarta

4. Awarding Night

Ini merupakan puncak acara dari Jogja Public Relations Days 2017 dan sebagai penutup rangkaian JPRD. Dalam acara ini akan dimumumkan para pemenang dari PR League yang sebelumnya telah dilaksanakan serta pemberian penghargaan dan hadiah bagi para pemenang dan pihak-pihak yang telah berpartisipasi dalam acara Jogja Public Relations Days 2017.

Dalam Awarding Night ini nantinya juga akan menghadirkan beberapa pengisi acara untuk memeriahkan puncak acara Jogja Public Relations Days 2017.
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal    : Sabtu, 25 Maret 2017
Tempat             : Monumen  Jogja Kembali, Yogyakarta

JPRD sebelumnya. (PMY)
JPRD sebelumnya. (PMY)

JPRD sebelumnya. (PMY)
JPRD sebelumnya. (PMY)

JPRD sebelumnya. (PMY)
JPRD sebelumnya. (PMY)

JPRD 2013. (PMY)
JPRD 2013. (PMY)

JPRD 2014. (PMY)
JPRD 2014. (PMY)

Acara ini terbuka untuk seluruh mahasiswa/i yang memiliki ketertarikan di dunia public relations/kehumasan di seluruh Indonesia. Buat kamu pemuda atau pemudi yang memiliki rasa ingin berkompetisi dalam mempromosikan potensi Indonesia melalui dunia kehumasan, inilah wadah yang tepat untuk kita semua berkontribusi aktif demi tanah air.

Informasi lebih lanjut bisa kunjungi website resmi PERHUMAS Muda Yogyakarta www.perhumasmudayk.org 

Salam Indonesia Bicara Baik.

Facebook   : facebook.com/jogjaprdays
Twitter        : @jogjaprdays
Instagram  : @jogjaprdays

---

Rizky C. Saragih
Badan Pengurus Pusat PERHUMAS
Divisi Pengembangan PERHUMAS Muda


VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x