Mohon tunggu...
PERHUMAS Indonesia
PERHUMAS Indonesia Mohon Tunggu... Organisasi Profesi Humas

Organisasi profesi humas Indonesia | Visi dan Misi: Mengembangkan kompetensi para professional humas ( Public Relations) di Indonesia untuk mendukung pengembangan citra positif dan reputasi Institusi dan bangsa Indonesia. | Sekretariat Badan Pengurus Pusat (BPP) PERHUMAS: Gedung Graha Arda lt.2Jl. HR. Rasuna Said Kav. B-6, Jakarta Selatan 12910 | IG @perhumas_indonesia | Web: www.perhumas.or.id

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kolaborasi Strategi Komunikasi Tim 8 Covid-19 PERHUMAS bersama Pemprov DKI Jakarta

20 Juli 2020   12:55 Diperbarui: 20 Juli 2020   13:07 63 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kolaborasi Strategi Komunikasi Tim 8 Covid-19 PERHUMAS bersama Pemprov DKI Jakarta
Rapat koordinasi internal Tim 8 Covid-19 PERHUMAS dalam kerangka berbagi ide dan pengalaman serta mendapatkan inspirasi bagi pengembangan strategi komunikasi penanganan Covid-19 DKI Jakarta dengan dinamika isu yang tinggi. Dok. PERHUMAS

Sebagai organisasi Humas profesional, PERHUMAS terpanggil untuk menyumbangkan keahliannya membenahi komunikasi publik di Jakarta. Gayung pun  bersambut.  Digawangi oleh Dr. Emilia Bassar, Wakil Ketua Bidang Pelatihan & Keanggotaan BPP PERHUMAS, disusunlah tim kecil dari Badan Pengurus Pusat (BPP) PERHUMAS untuk mendukung kegiatan komunikasi Pemprov DKI.

 Tim terdiri dari Fardila Astari dari Bidang Riset dan Kompetensi BPP Perhumas, Emmy Kuswandari dari Bidang Pelatihan dan Keanggotaan, Diyan Yari dari Bidang Pengembangan Badan Pengurus Cabang, Dian Agustine dari Bidang Komunikasi dan Hubungan Antarlembaga, Akhmad Zulfikri dari Bidang Kerjasama Strategis, Reylando Eka Putra dari Bidang Pengembangan PERHUMAS Muda, dan Anggia Bahana Putri yang merupakan Executive Secretary di BPP Perhumas.

PERHUMAS memiliki tanggung jawab untuk turut serta membantu penanganan Covid-19. Kontribusi yang dilakukan bisa dalam bentuk apa saja, termasuk pemikiran, ide, rekrutmen relawan, maupun aksi nyata penggalangan dana. Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Umum BPP PERHUMAS Agung Laksamana.

"Sebagai organisasi profesi, PERHUMAS memiliki tanggung jawab untuk turut serta membantu penanganan Covid-19. Pada kesempatan ini, kami bersyukur dapat berkolaborasi dan membantu menyusun strategi komunikasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DKI Jakarta berkoordinasi dengan Diskominfotik DKI. Harapan kami, kerjasama ini dapat membantu Pemprov DKI dalam pengambilan keputusan percepatan penanganan Covid-19 di Jakarta," jelas Agung Laksamana.

Pernyataan Agung tersebut diterjemahkan oleh tim PERHUMAS dalam detail strategi komunikasi yang kemudian disampaikan dalam usulan konten setiap minggunya.

"Adanya strategi komunikasi yang terstruktur dan terukur diharapkan dapat menggerakkan basis-basis komunitas terkecil di masyarakat untuk turut serta melakukan sosialisasi dan penyebaran informasi tentang penanganan Covid-19, melakukan kontrol dan gerakan sosial yang terarah, dan saling mendukung untuk mencegah penyebaran Covid-19," jelas Emilia Bassar.

Rapat koordinasi Tim 8 Covid-19 PERHUMAS dengan Tim Diskominfotik DKI Jakarta, Senin (4/5/2020), yang dihadiri oleh Ketua Umum BPP PERHUMAS Agung Laksamana dan Kabid Komunikasi Publik Diskominfotik DKI Nuruning Septarida. Dok. PERHUMAS
Rapat koordinasi Tim 8 Covid-19 PERHUMAS dengan Tim Diskominfotik DKI Jakarta, Senin (4/5/2020), yang dihadiri oleh Ketua Umum BPP PERHUMAS Agung Laksamana dan Kabid Komunikasi Publik Diskominfotik DKI Nuruning Septarida. Dok. PERHUMAS
Strategi komunikasi yang dibangun juga bertujuan agar dapat memaparkan semua kebijakan dan tindakan yang diambil, menyampaikan informasi secara cepat dan tepat sehingga tidak menimbulkan persepsi yang beragam, dan menyampaikan pesan yang  menunjukkan rasa peduli dan empati yang sungguh-sungguh dari pemerintah terhadap masyarakat, terutama masyarakat terdampak.

Tugas awal dari Tim 8 Covid-19 PERHUMAS adalah mengevaluasi semua kanal komunikasi yang dilakukan oleh Pemprov DKI, seperti website dan instagram. 

Temuan awal, misalnya, perlu dibenahinya hotline service, panduan gejala Covid-19, Q&A seputar korona, kontak darurat yang harus mudah dicari, peta dan data rumah sakit rujukan yang mudah diakses oleh masyarakat, dan lokasi tempat masyarakat bisa melakukan pemeriksaan secara mandiri. 

Tim 8 juga memperhatikan unggahan data di website dan kanal lain, infografis, layanan informasi untuk wartawan, penggunaan tagar, dan update informasi di newsroom.

Pekerjaan paling prinsip adalah, bagaimana membuat strategi komunikasi dengan turunannya membuat konten sesuai dengan strategi komunikasi yang sudah dibuat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x