Mohon tunggu...
Media Kreatif
Media Kreatif Mohon Tunggu... Konsultan - Pekerja Kreatif

Pekerja kreatif yang mengabdikan dirinya untuk kesuksesan digital marketing. Semua artikel kami akan membantu kamu untuk Scale Up semua jenis bisnis yang sedang dijalankan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sosial Media Marketing: Strategi Digital Marketing yang Efektif untuk UMKM

20 September 2022   10:12 Diperbarui: 20 September 2022   10:30 316 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Usaha Mikro Kecil Menengah atau dikenal dengan UMKM merupakan usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan maupun badan usaha milik perorangan. Untuk memulai bisnis UKM tidak memerlukan modal besar, itulah sebabnya kian hari-kian menjamur jumlah UMKM di Indonesia. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengh (Kemenkop UKM) mencatat, jumlah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mencapai 65,47 juta unit pada tahun 2019, jumlah tersebut naik 1,98% jika dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebesar 64,19 juta unit. Jumlah ini mencapai 99,99% dari total usaha yang ada di Indonesia. Dengan banyakan jumlah UKM di Indonesia, roda perekonomiannya akan terus bergerak secara global, meskipun masih di dalam tahap mikro.

Selain itu berbagai lini bisnis sudah berkembang, bahkan beberapa yang lainnya pergerakannya lebih pesat. Misalnya saja bisnis kuliner, fashion, pendidikan, otomotif sampai bisnis tour and travel. Semua bisnis ini semakin hari semakin beragam dan bervariasi. Maraknya bisnis UMKM juga bukan tanpa sebab, banyak orang melihat peluang bisnis UMKM lebih besar, apalagi jika pangsa pasar yang dituju adalah kawula muda atau generasi melek media.

Generasi muda saat ini adalah generasi yang suka belanja, hal ini karena aktivitas yang mereka lakukan dominan berada di dunia maya.  Sedangkan berbelanja melalui dunia maya terasa memudahkan bagi mereka. Itulah sebabnya, para pelaku UMKM perlu melebarkan sayap promosinya dengan digital marketing atau pemasaran digital. Strategi ini sangat ampuh untuk meningkatkan profit usaha, sebab nyatanya saat ini tidak hanya anak muda yang suka berselancar di dunia maya, melainkan semua umur sudah berteman dengan internet.

Itulah sebabnya, digital marketing menjadi sangat penting untuk dilakukan dalam dunia bisnis termasuk UMKM. Dilansir dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengh (Kemenkop UKM) bahwa ada sebanyak 3,79 juta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sudah memanfaatlan platform online dalam memasarkan produknya. Artinya masih banyak bisnis UMKM yang belum menerapkan digital marketing.

Salah satu cara efektif dalam digital marketing bagi UMKM adalah memanfaatkan social media marketing. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain:

1.  Membuat Akun Sosial Media Lebih Aktif

Akun social media yang aktif akan menambah daya tarik konsumen untuk melihat-lihat produk yang ditawarkan. Dengan strategi ini, bukan tidak mungkin akan banyak konsumen baru yang akan membeli produk Anda.  Salah satu caranya ialah dengan membuat konten dan video mengenai produk atau yang berkaitan untuk melakukan interaksi bersama konsumen.

2.  Membangun Hubungan Yang Lebih Kuat Bersama Konsumen

Melakukan interaksi bersama konsumen juga bisa dilakukan untuk menarik ketertarikan mereka dan membangun hubungan yang lebih kuat. Sehingga mereka akan lebih percaya dan tidak ragu untuk membeli produk yang ditawarkan.

3.  Menganalisa Kompetitor

Menganalisis kompetitor juga sangat diperlukan, apalagi jika Anda baru membangun branding dalam sosial media. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui bagaimana proses marketing yang kompetitor lakukan dan bagaimana hasil yang sudah mereka lakukan. Lalu, Anda bisa melakukan strategi yang sama untuk produk Anda namun tidak meniru secara keseluruhan alias memodifikasi dari yang sudah dikerjakan oleh kompetitor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan