Mohon tunggu...
giladota
giladota Mohon Tunggu... -

Seorang yang mencintai untuk menulis tentang Karya Ilmiah dan Dota Guide Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Belajar Penulisan Karya Ilmiah yang Baik dan benar

19 September 2015   10:02 Diperbarui: 19 September 2015   10:15 1830
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kumpulan Karya Ilmiah

Penulisan Karya Ilmiah Yang Baik Beserta Contoh - Halo semua salam dari member baru :D, Perkenalkan saya adalah seseorang yang hobi menulis tentang banyak hal. Apapun yang ada dalam benak pikiran saya akan saya tuangkan secara langsung di berbagai tulisan :D. Namun jangan terlalu berharap dengan tulisan yang bagus ya lol. Karna saya adalah seorang creativeprenuer yang menceritakan segala hal yang panas saat ini.

Oke, sebelum mulai menulis. kita harus memahami dahulu arti dari Apa itu karya ilmiah ? Berikut saya kutip dari wikipedia

Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Sedangkan karya ilmiah berbeda dengan makalah, saya ambil sample makalah karna banyak orang yang berkata tentang karya ilmiah sama dengan Makalah. Makalah menurut KBBI yaitu :

makalah/ma·ka·lah/ n 1 tulisan resmi tt suatu pokok yg dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dl suatu persidangan dan yg sering disusun untuk diterbitkan; 2 karya tulis pelajar atau mahasiswa sbg laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi

Dan terdapat juga beberapa orang yang berkata Karya Ilmiah sama dengan Skripi , sekali lagi saya bilang. Hal itu jauh berbeda. Skripsi tidak sekomplex dari karya ilmiah. Skripsi biasanya dibuat oleh mahasiswa dalam menyelesaikan program studi S1. Berikut saya kutip pengertian skripsi dari wikipedia

Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Nah sudah dapat membedakan antara karya ilmiah dengan makalah bukan ? Sekarang ini kita mulai menuju cara penulisan karya ilmiah dengan baik dan benar . Didalam penulisan karya ilmiah terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan.Pengalaman saya sendiri dalam menulis karya ilmiah, saya biasa nya mengumpulkan sample terlebih dahulu.

 

Sedangkan cara menulis karya ilmiah yang baik bisa anda ikuti langkah berikut ini :

1. Tahap Persiapan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun