Mohon tunggu...
Inovasi Pilihan

Cara Menghasilkan Uang dari Menulis Artikel

19 Desember 2018   12:35 Diperbarui: 19 Desember 2018   12:42 1478
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa hari belakangan ini saya sedang dipusingkan dengan beberapa kebutuhan yang cukup mendesak sehingga mengharuskan saya mencari tambahan untuk memenuhi kebutuhan. Anda yang membaca artikel ini-pun mungkin sedang memikirkan hal sama dengan saya, tapi itu hal yang sangat wajar karena memang sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab kita untuk memberikan kehidupan yang layak bagi diri sendiri dan keluarga. Awal mula saya terpikirkan tentang judul tulisan ini dikarenakan saya sedang mencari jenis pekerjaan sampingan yang hanya bermodalkan laptop, internet, dan ide tentunya.

Beberapa website freelance dan microstock untuk menjual desain sudah pernah saya coba tetapi belum membuahkan hasil untuk saya, mungkin karena keahlian saya dalam membuat desain yang masih sangat kurang ilmu sehingga belum memberikan hasil yang maksimal. Belum lama ini saya membaca artikel di Kompasiana dan tiba-tiba terpikirkan,"Apa para penulis ini mendapatkan bayaran untuk setiap artikel yang mereka tulis yaa ?" Rasa penasaran itu membuat saya mencari beberapa informasi dari google.

Ternyata kita tidak bisa langsung menjawab "iya" atau "tidak", kenapa? Berikut ini penjelasannya.

Ternyata tidak setiap artikel yang kita tulis akan mendapatkan bayaran dari tim Kompasiana, kenapa ? Tentu karena tidak semua artikel yang kita tulis memiliki kualitas yang baik secara bahasa, dan mungkin bahkan tidak menarik bagi para pembaca. 

Menurut saya ini hal yang wajar saja tetapi ini BUKAN berarti kita tidak bisa mendapatkan uang dari menulis artikel ini loh. Karena pada dasarnya tim Kompasiana memiliki Monthly Reward untuk para penulis yang aktif dan memiliki tulisan terpopuler. Selain itu ada juga program Kompasiana Content Affiliation (KCA), singkatnya ini adalah program kerjasama antara para penulis di Kompasiana dengan pihak ketiga. Jadi para penulis akan menulis artikel sesuai dengan permintaan dari pihak ketiga yang biasanya artikel tersebut berisi tentang review  produk dari pihak ketiga tersebut.

Jadi intinya sebenarnya setiap kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menulis artikel di Kompasiana, tetapi dengan syarat artikel yang kita tulis memiliki kualitas yang baik dan menarik para pembaca tentunya. 

Pikiranku bebas, Jiwaku tenang.

-Mardam Khub-

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun