Mohon tunggu...
pendim 0707
pendim 0707 Mohon Tunggu... Media Kodim 0707/Wonosobo
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Akun Penerangan Kodim 0707/Wonosobo

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Gotong Royong Kembali Membudaya di Lokasi TMMD Reguler ke-110 Kodim 0707/Wonosobo

7 Maret 2021   06:24 Diperbarui: 7 Maret 2021   07:20 34 1 0 Mohon Tunggu...


WONOSOBO- Minggu, 7 Maret 2021. Pekerjaan senderan sepanjang 42 M terus dikerjakan anggota satgas bersama dengan masyarakat. setiap hari mereka bahu membahu menyelesaikan pembangunan senderan yang dibagi menjadi dua kelompok, kelompok diatas bertugas mengoperasikan mesin molen untuk membuat adonan semen, sedangkan kelompok di bawah bertugas membangun pondasi.

Dengan sistem pembagian kerja seperti ini maka target akan lebih cepat tercapai. Gotong royong juga tercermin pada kegiatan ini, terbukti bahwa pada kelompok pengaduk semen, tidak hanya satu orang saja yang berperan tetapi ada empat orang yang bergantian memasukkan pasir dan air, menjadi operator mesin molen dan juga mengalirkan semen kebawah melalui lintasan seng.

Saat ini budaya gotong royong sudah sangat jarang ditemui, terlebih di wilayah perkotaan dan bagi generasi muda. Generasi yang disebut sebagai kaum millennial ini sudah sangat asing dengan istilah gotong royong. Untuk itu momen TMMD ini dijadikan sarana untuk menumbuhkan kembali semangat gotong royong di semua lapisan masyarakat agar kembali membudaya.

"sekarang ini gotong royong sudah dilupakan dan mulai hilang, untuk itu kegiatan TMMD ini bisa menjadi salah satu cara untuk menghidupkan kembali budaya itu." Ungkap Kapten Inf Suparno selaku Komandan Kompi Satgas TMMD

"gotong royong juga menjadikan pekerjaan yang sulit menjadi ringan karena dilakukan bersama-sama. "tandasnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x