Mohon tunggu...
Soges
Soges Mohon Tunggu... Pendidik yang ingin berbagi

Berbagi Itu Indah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Silabus Terbaru Kelas 1 s.d. 6 SD Revisi 2020/2021

6 Juli 2020   12:28 Diperbarui: 6 Juli 2020   12:32 20331 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Silabus Terbaru Kelas 1 s.d. 6 SD Revisi 2020/2021
SILABUS SD LENGKAP | dokpri

Salam pendidik,

Sahabat guru yang berbahagia terimakasih sebelumnya saya ucapkan atas partisipasi anda untuk membuka dan membaca artikel ini, pada artikel ini saya ingin berbagi informasi mengenai seputar perlengkapan yang di perlukan oleh seorang guru di jenjang sekolah dasar (SD) dalam membuat dan menyiapkan administrasi pembelajaran.

Tentunya sebagai seorang guru tal lepas dari yang namanya membuat dan menyediakan perangkat pembelajaran. Guru di beri tugas bukan hanya bisa mengajar dan mendidik saja namun juga harus dapat melengkapi administrasi pembelajaran sebagai bekal bagi seorang guru dalam mempersiapkan hal-hal yang akan dilakukannya ketika akan mengajar.

Ada begitu banyak perangkat pembelajaran yang harus di persiapkan oleh seorang guru diantaranya silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan masih banyak lagi yang lainnya. semua perangkat pembelajaran yang saya sebutkan tersebut tebtunya wajib dimiliki oleh seorang guru dalam melengkapi perangkat pembelajaran di sekolah.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pentingnya memiliki salah satu perangkat pembelajaran yaitu silabus bagi seorang guru. Seperti yang kita ketahui bahwa sebagai seorang guru untuk memiliki silabus memang sangat penting sebab silabus merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang manjadi dasar bagi seorang guru dalam merencenakan perangkat pembelajaran lainnya.

Pada sekolah jenjang SD, silabus sangat di butuhkan untuk membantu guru dalam membuat perangkat pembelajaran RPP. Di dalam silabus ada beberapa komponen penting yang dapat dilihat sebagai sebuah acuan dalam merumuskan perangkat pembelajaran lainnya diantaranya ialah kompetenti dasar, indikator pembelajaran, sumber belajar, jenis penilaian, alokasi waktu dan lainnya.

Saat ini dengan semakin banyaknya pengguna internet dan juga dengan semakin banyaknya blog pendidikan maka tentunya akan semakin memudahkan guru dalam mencari referensi perangkat pembelajaran secara online. Saat ini guru memang di harapkan untuk bisa melek ilmu dan teknologi agar guru tidak ketinggalan jaman serta tentunya dengan kita melek IT maka kita akan sangat terbantu dalam melakukan aktivitas keseharian sevagai seorang guru.

Saya pribadi banyak menghabiskan waktu untuk bisa mencari referensi perangkat pembelajaran melalui media internet dan tentunya jika kita mahir dalam bermain internet maka kita akan banyak memperoleh informasi yang tentunya akan membantu kita dalam mencari apa yang kita butuhkan. Sebagai salah satu contohnya ketika kita akan membuat dan merancang perangkat pembelajaran silabus ataupun RPP maka apabila kita mengalami kesulitan atau mungkin tidak memiliki referensi maka kita dapat mencari bantuan melalui media internet.

Pada blog -blog pendidikan yang ada di media internet banyak sekali yang memberikan file contoh silabus maupun perangkat pembelajaran lainnya yang bisa kita jadikan sebagai sumber referensi dalam kita membuat perangkat pembelajaran. Sebagai salah satu contohnya yaitu pada website pendidikan yang beralamatkan di www.kherysuryawan.id dimana melalui blog tersebut maka kita akan dapat memperoleh begitu banyak file perangkat pembelajaran mulai dari revisi lama hingga revisi terbaru.

Oleh sebab itu maka marilah kita manfaatkan media internet dan blog pendidikan sebagi sumber yang akan membantu kita dalam memperoleh informasi maupun file perangkat pembelajaran untuk guru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x