Mohon tunggu...
Pendam VI Mulawarman
Pendam VI Mulawarman Mohon Tunggu... Tentara

WARASTRA PESAN CAKTI,GAWI MANUNTUNG WAJA SAMPAI KAPUTING, SALAM 51

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Kepala Daerah Diminta Segera Cegah Dini Karhutla

15 Mei 2019   13:27 Diperbarui: 15 Mei 2019   13:37 0 1 0 Mohon Tunggu...
Kepala Daerah Diminta Segera Cegah Dini Karhutla
Kepala Daerah Diminta Segera Cegah Dini Karhutla Dengan Turun Kelapangan | Dokumen Kodam VI/Mulawarman

KODIM MARTAPURA-Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Daerah Se-Provinsi Kalsel dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintah H.Siswansyah di Ruang rapat H.Maksid Kantor Gubernur Kalsel Trikora Banjarbaru. 

Siswansyah mengatakan dalam rakor penanggulangan bencana daerah ini, bencana kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Kalsel menjadi perhatian utama yang dibahas. Ada alasannya itu menjadi bencana alam yang berdampak strategis bukan hanya kepada Provinsi Kalsel saja tetapi juga daerah-daerah.

Pemerintah sudah menyiapkan berbagai strategi dan kesiapan untuk mencegah terjadinya Karhutla maupun Kabut asap didaerah dengan melakukan berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan baik di Provinsi maupun di daerah yang dibantu dukungan dengan melibatkan unsur  BPBD dan TNI serta Kepolisian.

Pimpinan Rakor Karhutla selaku Narasumber Asisten Deputi Bidkoor Penanganan Konflik dan Keamanan Transportasi Brigjen Pol.Drs Bambang Sugeng. SH, MH dalam pemaparannya mengatakan Kalimantan Selatan merupakan salah satu rawan bencana Karhutla,  Pada tahun 2018 saja titik spot hampir mencapai ratusan dengan rata- rata luas lahan terbakar sekira seribu lahan.

Diperlukan kerjasaman yang baik dan segera mendirikan Pos tanggap darurat Kerhutla, mencegah dini adakan dengan sosialisasi melalui bantuan aparat TNI dan Polri, Babinsa, Babinkamtibmas, Instansi terkait diwilayah yang menjadi tanggung jawabnya. Fasilitasi mereka dengan peralatan dan motor agar dengan mudah mencapai ke sasaran. Anggaran yang tersedia ditanggung wilayah masing-masing  karena bantuan yang sudah di alokasikan diharapkan bisa berjalan dengan baik.

Bambang juga menekankan  penegakan hukum yang membakar atau membuka lahan dengan segaja akan mendapatkan hukum dan sangsi dengan pengawasan Izin, sangsi Administrasi, dan Penegakan hukum pidana dan perdata.Ungkapnya.

Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto S.IP. MM. M.I.Pol yang turut menghadiri Rapat Karhutla menyampaikan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan BPBD, dan Nanggala Agni di wilayah  terkait Karhutla dengan mendirikan pos tanggap darurat Kerhutla di Kodim dan Koramil.

Melaksanakan patroli terpadu Babinsa, Nanggala Agni, Polsek, dan di bantu Warga menuju sasaran yang menjadi tanggung jawabnya. Diharapkan kepada warga dan stokholder pengusaha Hutan yang mempunyai lahan pertanian dan kebun agar tidak terlalu perlu membakar." Tutur Dandim.

Acara dihadiri oleh Sekretaris Deputi Bidkoor Kamtibmas Brigjen Pol Drs. Armed Wijaya, MH

Direktur Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan Kemen LHK Ir. Raffles B. Panjaitan Kasi Perubahan Iklim Ditjen Perkebunan Kemtan M. Khafi, Kepala daerah, Kasi Ter Korem 101/Ant Mayor Info Fahrurozi,  Ketua BPBD Provinsi Wahyudin, Para Dandim sejajarkan Korem Antasari, perwakilan Kapolres serta Kepala BPBD daerah se-Kalsel.


Kodim Martapura 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x